Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi Reshuffle, 2 Kader Gerindra Gabung Kabinet Indonesia Maju

Presiden Jokowi resmi merombak kabinetnya pada  Senin (19/8/2024),dua kader Gerindra yang juga anak buah Prabowo gabung Kabinet Indonesia Maju

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Jokowi Reshuffle, 2 Kader Gerindra Gabung Kabinet Indonesia Maju
Tribunnews.com/Taufik Ismail
Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi merombak kabinetnya pada Senin (19/8/2024). Presiden Jokowi resmi merombak kabinetnya pada  Senin (19/8/2024),dua kader Gerindra yang juga anak buah Prabowo gabung Kabinet Indonesia Maju 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi merombak kabinetnya pada  Senin (19/8/2024).

Jokowi melantik Bahlil Lahadalia menjadi Menteri ESDM menggantikan Arifin Tasrif di Istana Negara.

Selain itu Jokowi juga melantik Kader Gerindra Supratman Andi Atgas menjadi Menteri Hukum dan HAM menggantikan Yasonna Laoly dan Rosan Roeslani dilantik jadi Menteri Investasi/Kepala BKPM menggantikan Bahlil.

Selanjutnya, Jokowi juga mengangkat anak buah Prabowo, Angga Raka Prabowo sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo).

Bahlil, Supratman dan Rosan dilantik sebagai Menteri berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 92P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Sedangkan, Angga Raka dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 52M tahun 2024 tentang pengangkatan Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Sejumlah pejabat hadir dalam pelantikan tersebut di antaranya yakni Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

BERITA TERKAIT

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menko Marinves Luhut Binsar Panjaitan.

Ada juga Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri ATR BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Menkominfo Budi Arie Setiadi.

Lalu, Wiranto selaku Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Hadir juga Wakil Ketua MPR RI Ahmad Muzani dan Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad.

Baca juga: Profil Yasonna Laoly, Menteri PDIP Kepercayaan Jokowi Kena Reshuffle Kabinet Hari Ini

Dalam pelantikan tersebut Presiden Jokowi membacakan sumpah jabatan yang diikuti oleh Bahlil, Supratman, Rosan dan Angga.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undang dengan selurus-lurusnya. Demi Dharma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung etika jabatan berkerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas