Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tok! Zulkifli Hasan Kembali Terpilih Ketua Umum PAN secara Aklamasi

Zulkifli Hasan kembali terpilih menjadi Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) periode 2024-2029

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in Tok! Zulkifli Hasan Kembali Terpilih Ketua Umum PAN secara Aklamasi
Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas saat ditemui awak media di Kantor DPP PAN, Minggu (14/7/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Zulkifli Hasan kembali terpilih menjadi Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) periode 2024-2029.

Menteri Perdagangan RI itu terpilih secara aklamasi dalam Kongres ke-6 PAN.

Adapun Kongres PAN digelar di Hotel Kempinski, Jakarta pada Jumat (23/8/2024) malam.

Dalam kongres itu, Zulhas terpilih menjadi Ketua Umum setelah didukung 38 DPW dan 514 DPD di seluruh Indonesia.

Rapat sidang pleno dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Umum DPP PAN sekaligus Ketua Steering Committee Kongres, Viva Yoga.

Zulhas pun diketok terpilih secara aklamasi menjadi Ketum PAN.

BERITA TERKAIT

"Jadi setelah pembukaan ada kesepakatan dari seluruh DPW, 38 DPW dan 514 DPD di mana mereka telah membawa aspirasi dukungan penuh di atas materai untuk mengusulkan kembali Saudaraku Zulhas menjadi Ketua Umum PAN 2024-2029," kata Viva Yoga.

Dia mengakui bahwa rapat pelno penetapan Zulhas sebagai Ketum PAN seharusnya digelar pada Sabtu besok. Namun berdasarkan hasil diskusi, para kader meminta pelaksanaan dikebut pada hari ini sesufah pembukaan.

"Jadi didalam penetapan pleno ke-5, itu karena ini adalah calon tunggal, segala keputusan di kongres yang menjadi institusi pengambilan keputusan tertinggi, maka diputuskan saudaraku Zulhas di pleno 5 menjadi Ketua Umum terpilih PAN periode 2024-2029 secara aklamasi, bulat, bermufakat dan seluruh peserta dari 38 DPW dan 514 DPD yang telah mengusulkan dukungannya menyatakan setuju," jelasnya.

Terpisah, Ketua Umum PAN terpilih, Zulkifli Hasan atau Zulhas mengaku senang kembali terpilih menjadi orang nomor satu di pucuk kepemimpinan partai berlambang matahari terbit tersebut.

Baca juga: Zulhas Bicara Gempuran Ombak Hingga Tsunami Saat Buka Kongres PAN: Kami Sudah Mengalami Hal Berat

Dia menyatakan amanah yang diberikan tidaklah mudah.

"Insya Allah, ini kepercayaan dari teman-teman, para kader. tentu amanah yang berat, tidak mudah di tengah situasi politik, persaingan partai politik, harapan masyarakat yang begitu tinggi. Tapi saya percaya dengan soliditas, dengan kebersamaan, dan teman-teman tahu bagaimana kader-kader PAN sekarang begitu kreatif," katanya.

Zulhas pun berjanji akan membawa PAN menjadi partai yang terbuka untuk semua orang. Dengan begitu, dia tidak akan memperlakukan orang berbeda-beda satu sama lainnya."Siapa saja yang berkarya untuk negeri, dari manapun dia, apapun sukunya, apapun agamanya, jadi sangat luas. Sebagaimana filosofi simbol PAN itu, matahari itu kan tidak tanya-tanya, kamu orang mana ya? Kamu agama, enggak ada? Itulah PAN, sangat terbuka, dan berpikir sangat maju," jelasnya.

Nantinya, Zulhas mengatakan pihaknya juga akan segera menyusun struktur kepengurusan PAN yang baru. Dia pun memperkirakan struktur PAN yang baru akan diputuskan sepekan lagi.

"Ya mungkin perlu waktu seminggulah ya. Seminggu," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas