Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ignasius Jonan Sediakan 250 Nakes dan ICU Mini untuk Jemaat Ibadah Misa di SUGBK Senayan

Panitia pelaksana kedatangan Paus Fransiskus bakal menyediakan sebanyak 250 nakes saat perayaan Ibadah Misa dipimpin Paus Fransiskus

Penulis: Fahmi Ramadhan
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in Ignasius Jonan Sediakan 250 Nakes dan ICU Mini untuk Jemaat Ibadah Misa di SUGBK Senayan
Tribunnews/Fahmi Ramadhan
Ketua Penitia Pelaksana Kedatangan Paus Fransiskus, Ignasius Jonan saat beri keterangan pers jelang kedatangan Paus Fransiskus 3-6 September 2024 mendatang, Rabu (28/8/2024) 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahmi Ramadhan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Panitia pelaksana kedatangan Paus Fransiskus bakal menyediakan sebanyak 250 tenaga kesehatan (nakes) pada saat perayaan Ibadah Misa yang akan diikuti oleh sekitar 80 ribu jemaat di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta.

Ibadah Misa itu rencananya akan dipimpin langsung oleh Paus Fransiskus pada 6 September 2024 di SUGBK, Jakarta.




Ketua Penitia Pelaksana Kedatangan Paus Fransiskus, Ignasius Jonan menjelaskan, nantinya ratusan nakes tersebut akan dipimpin langsung oleh Direktur RS Saint Carolus Jakarta, dr. Bebet Prasetyo.

"Jumlahnya sekitar 250 nakes yang akan standby di luar GBK. Areanya sudah ditentukan juga," kata Jonan dalam konferensi pers di Gedung Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Jakarta, Rabu (28/8/2024).

Selain nakes, panitia kata Jonan juga bakal menyediakan sejumlah mobil ambulans yang dilengkapi dengan ruang ICU mini di dalamnya apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Meski begitu dirinya menganjurkan jemaat yang mempunyai penyakit bawaan dan relatif cukup parah agar mengikuti ibadah Misa melalui siaran streaming di televisi yang telah disediakan oleh panitia.

BERITA TERKAIT

"Jika ada umat yang memiliki penyakit bawaan serius, atau tingkat kesehatan sudah sangat berkurang lebih baik ikut streaming di Gereja saja atau di rumah. Saya kira berkatnya sama aja kok," pungkasnya.

Seperti diketahui, Paus Fransiskus akan berkunjung ke Indonesia pada 3-6 September 2024.

Paus Fransiskus akan bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana, Jakarta Pada 4 September 2024.

Paus Fransiskus akan memimpin misa kudus dalam kunjungannya tersebut.

Baca juga: 60 Uskup Dunia Bakal Hadir saat Paus Fransiskus Kunjungi Indonesia

Ada dua stadion yang akan digunakan pada misa kudus ini, yakni Stadion Utama dan Stadion Madya.

Stadion utama bakal memuat sekitar enam puluh ribu umat. Sementara stadion madya bakal memuat sekitar 26 ribu umat Katolik, sehingga total akan dihadiri oleh 86 ribu umat Katolik.

Prosesi misa direncanakan berjalan selama satu setengah jam.

Kemudian ada pembagi komuni untuk perjamuan. Pembagi komuni di Stadion Utama pastornya sebanyak 470 orang, di Stadion Madya sebanyak 232 orang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas