Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Najwa Shihab Beri Saran kepada Gen Z Agar Belajar Rendah Hati

Najwa menekankan bahwa kemampuan menerima masukan dan belajar dari orang lain akan menjadi kunci bagi Gen Z

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Erik S
zoom-in Najwa Shihab Beri Saran kepada Gen Z Agar Belajar Rendah Hati
Istimewa
Najwa Shihab Beri Saran ke Gen Z untuk Belajar Kerendahan Hati,(ist) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Eko Sutriyanto 


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Generasi Z kerap dihadapkan dengan stigma negatif namun menurut pembawa acara ternama, Najwa Shihab justru melihat bahwa Gen Z memiliki potensi besar di dalam dirinya. 

Menurut Nana, panggilan akrab Najwa, Gen Z adalah generasi yang cepat belajar dan sangat serius dalam menjalankan tugas-tugas yang diberikan.

"Referensinya luar biasa kaya. Mungkin itu karena terbiasa browsing jadi sudah tahu bagaimana caranya mendapat informasi yang luar biasa banyak," ujar Najwa saat acara #Generasi Campus Roadshow di Gedung Samantha Krida, Universitas Brawijaya belum lama ini.

Baca juga: Apa Itu Doom Spending? Fenomena Viral yang Buat Gen Z hingga Milenial Terjerat Kemiskinan

Selain Najwa, dalam diskusi lintas generasi yang bertujuan mengajak generasi muda dan generasi sebelumnya bertukar wawasan serta saling memahami dan mendukung dalam menggali potensi diri masing-masing juga menghadirkan Dee Lestari dan Nicholas Saputra 

Dikatakan Nana, Gen Z jika diminta cari referensi, luar biasa kaya. 

"Itu membuat opsi kreativitas tanpa limit, mayoritas Gen Z multi skill dan mampu mengakses berbagai informasi dengan cepat dan efektif," katanya.

BERITA REKOMENDASI

Kendati demikian, satu hal yang harus ditekankan kepada anak muda terutama Gen Z adalah kerendahan hati.

"Ini menurut riset ya, ketika ditanya apa atribusi terpenting yang seharusnya dimiliki anak-anak muda terutama Gen Z yang akan masuk ke dunia kerja? Satu skill yang harus diusahakan: kerendahan hati," katanya.

 

Najwa menekankan bahwa kemampuan menerima masukan dan belajar dari orang lain akan menjadi kunci bagi Gen Z mengembangkan keterampilan mereka lebih jauh.

Tidak hanya fokus pada keterampilan teknis, Najwa mengingatkan bahwa Gen Z harus menjadi pembelajar seumur hidup (long life learner) yang terus mengeksplorasi diri. 

Para audiens yang hadir juga mengamini pendapat Najwa mengenai kerendahan hati tersebut.

Baca juga: Buntut Krisis yang Mencekik, Gen Z China Mulai Tinggalkan Louis Vuitton hingga Chanel

Salah satu peserta yang merupakan mahasiswa Universitas Brawijaya mengatakan, mewakili Gen Z, menurut dia kemudahan mencari informasi dan kecanggihan teknologi membuat kami memang seakan menguasai.

"Banyak hal namun tentu saja pendapat kak Najwa kami tidak boleh berhenti belajar termasuk kepada generasi sebelumnya,” katanya. 

#Generasi Campus Roadshow mengusung judul POV/XYZ: Generasi Bicara Generasi, acara ini bertujuan untuk mengajak generasi muda dan generasi sebelumnya bertukar insight dan saling menggali potensi diri, serta saling memahami dan mendukung.

Pertama kali digelar untuk mahasiswa Jogja, acara ini juga digelar di Malang, Bandung, dan Jakarta.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas