Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Relawan Prabowo Nilai Perusuh Diskusi FTA Layak Diseret ke Pengadilan

Immanuel Ebenezer nilai perusuh yang membubarkan diskusi Forum Tanah Air (FTA) di sebuah hotel di Jakarta layak diseret ke pengadilan. 

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Relawan Prabowo Nilai Perusuh Diskusi FTA Layak Diseret ke Pengadilan
Istimewa
Belasan orang tak dikenal (OTK) dengan mengenakan masker melakukan pembubaran disertai pengrusakan acara diskusi politik di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (28/9/2024).  

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Prabowo Mania Immanuel Ebenezer atau Noel menilai perusuh yang membubarkan diskusi yang diadakan Forum Tanah Air (FTA) di sebuah hotel di Jakarta layak diseret ke pengadilan

Polisi wajib menindak tegas agar kejadian tersebut tidak terulang karena dapat merusak demokrasi.

“Tindakan para pengacau itu adalah biadab. Maka harus diproses secara hukum,” kata Noel, Minggu, (29/9/2024).

Noel menyayangkan di negara demokrasi seperti Indonesia masih ada orang yang yang bertindak anarkis membubarkan diskusi. Padahal kata dia ada aparat keamanan yang berjaga di lokasi tersebut. 

Oleh karena itu kata dia, pelaku harus segera diproses hukum agar tidak timbul spekulasi liar mengenai kejadian tersebut.

“Agar tidak terjadinya opini yang sesat di tengah masyarakat Polisi harus segera menindak para kriminal dan aktor di belakangnya yang mengintimidasi dan merusak Demokrasi,” katanya.

Noel mengatakan sebagai aktivis 98 ia menanyakan adanya peristiwa tersebut. Menurutnya intimidasi terhadap demokrasi harus dilawan.

BERITA REKOMENDASI

Sebelumnya terjadi pembubaran paksa diskusi diaspora yang dihadiri oleh sejumlah tokoh dan aktivis nasional.

Diskusi bertemakan ‘Silaturahmi Kebangsaan Diaspora Bersama Tokoh dan Aktivis Nasional’ sedianya digelar oleh Forum Tanah Air (FTA) di Hotel Grand Kemang, Kemang Jakarta Selata, Sabtu (28/9/2024).

Beberapa tokoh diundang sebagai narasumber di antaranya pakar hukum tata negara Refly Harun, Said Dieu, Din Syamsuddin, Rizal Fadhilah dan Soenarko.

Baca juga: PDIP Mengecam Aksi Premanisme Pembubaran Diskusi di Kemang: Coba Mematikan Ide dan Gagasan

Acara diskusi yang berlangsung Sabtu pagi, berujung ricuh setelah sekelompok orang melakukan pembubaran paksa dengan merusak panggung, menyobek backdrop dan mengancam para peserta yang hadir.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi menyampaikan pesan Kapolda Metro Jaya bahwa pentingnya menjaga situasi Kamtibmas, melaksanakan kegiatan dengan hal-hal yang positif.

Ade Ary menyebut setiap tindakan-tindakan yang merugikan diri sendiri dan orang lain, apalagi melanggar hukum pasti akan dilakukan proses dan diungkap oleh Polda Metro Jaya.

“Jadi mohon kita bekerja sama agar Jakarta kondusif, semua wilayah di wilayah hukum Polda Metro Jaya semuanya kondusif, itu mohon dukungan untuk kita semua,” paparnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas