Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Polri Kerahkan 7.000 Personel pada 20 Oktober

Di Lapangan Apel Korps Brimob, 14 batalyon satuan kerja Polri berbaris. Mereka terdiri dari Korbrimob Polri, Bareskrim Polri, Baharkam Polri, Korlanta

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Polri Kerahkan 7.000 Personel pada 20 Oktober
Tribunnews.com/Reynas Abdila
Polri menggelar apel pasukan pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Jumat (11/10/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polri menggelar gladi bersih apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. 

Gladi bersih ini dilakukan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Jumat (11/10/2024).

Asisten Kapolri bidang SDM Irjen Dedi Prasetyo menuturkan apel gelar pasukan bertujuan memastikan kesiapan Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) guna mendukung kelancaran pengambilan sumpah Presiden dan Wakil Presiden terpilih. 

Sesuai jadwal KPU, pelantikan tersebut akan dilaksanakan di Gedung MPR RI, Jakarta, 20 Oktober 2024.

"Total ada 7.000 personel pasukan," kata Irjen Dedi.

Di Lapangan Apel Korps Brimob, 14 batalyon satuan kerja Polri berbaris. Mereka terdiri dari Korbrimob Polri, Bareskrim Polri, Baharkam Polri, Korlantas Polri, Densus 88 Antiteror Polri, Divisi Hubungan Internasional Polri dan Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) Polri.

BERITA REKOMENDASI

Selain itu, pasukan dari Polwan RI juga dilibatkan dalam pengamanan pelantikan nanti.

Di antaranya pasukan dari Lembaga Pendidikan dan Latihan Polri yaitu Taruna Akademi Kepolisian (Akpol), siswa Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) Lemdiklat Polri, dan mahasiswa Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK).

Baca juga: Mabes TNI Siapkan Pengamanan Pelantikan Prabowo-Gibran, Satuan dari Tiga Matra Dikerahkan

Diketahui, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming bakal dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029 di Gedung DPR/MPR pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad memastikan Presiden terpilih, Prabowo Subianto akan mengumumkan jajaran menteri dalam kabinetnya pada 20 Oktober 2024.

"Nama kabinet akan disampaikan oleh Pak Prabowo sendiri pada saat pengumuman nama-nama kabinet pada tanggal 20 nanti," kata Dasco di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Pengumuman jajaran menteri dilakukan setelah Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka dilantik sebagai presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober.

Dasco mengatakan, saat ini pihaknya sedang berkonsentrasi mengenai acara pelantikan presiden dan wakil presiden agar berjalan lancar.

"Karena di situ akan banyak tamu-tamu negara, kepala-kepala dari negara lain yang akan hadir," ujarnya.

Baca juga: Vonis Gugatan PDIP Ditunda sampai Gibran Dilantik Wapres: Benarkah Hakim Sakit? Jubir PTUN Deg-degan

Hal senada juga sudah disampaikan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Dia menyebut Prabowo kemungkinan akan mengumumkan jajaran menteri pada 20 Oktober.

"Saya pikir iya ya, mestinya seperti itu, karena semaksimal mungkin tidak ada vakum, mungkin seperti itu tekniknya," kata Moeldoko.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas