Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Penyelamatan dan Evakuasi Terbatas Hanya Siang Hari, Basarnas Optimalkan Night Flight Operations

Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) berupaya meningkatkan kompetensi tim penyelamat.

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Penyelamatan dan Evakuasi Terbatas Hanya Siang Hari, Basarnas Optimalkan Night Flight Operations
ist
Basarnas berupaya meningkatkan kompetensi tim penyelamat dengan keahlian night vision google (NVG). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) berupaya meningkatkan kompetensi tim penyelamat.

Salah satunya, dengan keahlian night vision google (NVG).

"Itu program saya selanjutnya, ke depan upgrade untuk night flight operations search and rescue," kata Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Kusworo, dalam keterangannya, Senin (14/10/2024).

Menurut Kusworo, peningkatan kompetensi itu dibutuhkan. Sebab, saat ini aktivitas penyelamatan dan evakuasi terbatas hanya siang hari, karena kemampuan belum memadai.

Untuk mencapai spesifikasi tersebut, pihaknya terlebih dahulu fokus memberi pelatihan ke penerbang Helikopter AW-139. Karena, mereka merupakan salah satu ujung tombak pencarian dan pertolongan saat malam.

Hal itu dikatakan Kusworo, saat mengunjungi ACE Training Centre di Sydney. Pihaknya berkolaborasi dengan pusat pelatihan itu untuk mengembangkan kemampuan personel karena ACE Training Center merupakan salah satu lembaga pelatihan terkemuka yang direkomendasikan oleh pabrikan heli AW-139 Leonardo. 

"Kolaborasi dengan ACE ini akan sangat penting untuk pelatihan terkait kedaruratan," ujar Kabasarnas.

BERITA REKOMENDASI

Nantinya, penerbang Helikopter AW-139 dilatih di pusat pelatihan ACE Training Centre. Mereka bakal mengendarai simulator Helikopter AW-139 untuk kebutuhan manuver penyelamatan.

Menurut Kusworo, pelatihan menggunakan simulator ini dibutuhkan. Sebab, dapat menambah ilmu penerbang SAR, untuk melakukan evakuasi di situasi genting dan dapat melatih beberapa skenario  yang tidak bisa dilatihkan pada heli sebenarnya (emergency exercise).

"Supaya lebih komprehensif the first step itu pilot yang kita latih dulu untuk kompetensi dan profesionalitasnya, yang dikombinasikan dengan pelatihan Crew Resources Management (CRM), secara bertahap nanti kru atau personel lain menyusul," ujar dia.

Head of Training and Checking of ACE Training Center Timothy Witendan menyambut baik kolaborasi itu. Pihaknya mendukung penuh peningkatan kompetensi SAR Indonesia.

Menurut Tim, pihaknya menyediakan banyak macam pelatihan. Termasuk untuk penyelamatan di gunung atau daratan dan di wilayah perairan

Terkait pelatihan untuk pilot Helikopter AW-139, pihaknya menyatakan keputusan Basarnas sangat pas. Sehingga, dapat memaksimalkan kerja SAR.

"Memang paling pas memulai dengan simulator dulu, lalu kita latih dengan helikopter sungguhan," ujar Tim.

Dalam kunjungan itu, Kabasarnas didampingi sejumlah pejabat Basarnas. Mereka adalah Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan, dan Kesiapsiagaan Laskda TNI Ribut Eko Suyanto dan Kepala Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Pencarian dan Pertolongan Anggit Mulyo Satoto.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas