Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Profil Prof Satryo Soemantri Brodjonegoro, Kandidat Calon Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran

Berikut ini profil Prof Satryo Soemantri Brodjonegoro, salah satu tokoh yang dipanggil Prabowo ke kediamannya di Kertanegara IV hari ini.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Nuryanti
zoom-in Profil Prof Satryo Soemantri Brodjonegoro, Kandidat Calon Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran
AIPI
Prof Satryo Soemantri Brodjonegoro. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini profil Prof Satryo Soemantri Brodjonegoro, yang disebut akan menjadi menteri di kabinet pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Prof Satryo Soemantri Brodjonegoro adalah satu dari sejumlah tokoh yang dipanggil Prabowo ke kediamannya di Jalan Kertanegara IV, Jakarta, Senin (14/10/2024).

Saat ini, belum diketahui posisi apa yang kemungkinan akan diemban oleh Prof Satryo Soemantri Brodjonegoro.

Lantas, siapakah Prof Satryo Soemantri Brodjonegoro yang dipanggil Prabowo hari ini? Simak profil singkatnya di bawah ini.

Profil Prof Satryo Soemantri Brodjonegoro

Prof Satryo Soemantri Brodjonegoro adalah Ketua sekaligus Anggota Komisi Bidang Ilmu Rekayasa di Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) periode 2018-2023.

Ia memperoleh gelar Ph.D di bidang teknik mesin dari University of California di Berkeley, Amerika Serikat (AS) pada tahun 1984, kemudian bergabung dengan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Prof Satryo Soemantri Brodjonegoro merupakan staf pengajar Departemen Teknik Mesin di ITB selama lebih dari 30 tahun sejak 1980.

BERITA REKOMENDASI

Di ITB, Prof Satryo Soemantri Brodjonegoro pernah menjabat sebagai Ketua Departemen (1992-1995), dan Wakil Dekan Bidang Akademik (1995-1998), dikutip dari AIPI.

Sosok Prof Satryo Soemantri Brodjonegoro dikenal atas prestasinya dalam mentransformasi pendidikan tinggi di Indonesia, di mana beberapa perguruan tinggi ditransformasikan menjadi Badan Hukum Milik Negara (BHMN) mulai pada Desember 2000, dikutip dari Institut SENTA.

Selain itu, Prof Satryo Soemantri Brodjonegoro telah mengeluarkan berbagai karya tulis ilmiah yang mencapai lebih dari 99 publikasi.

Bidang penelitiannya meliputi tribologi, mekanika fraktur, analisis elemen hingga, desain mekanis, serta pengembangan dan kebijakan pendidikan tinggi.

Pada tahun 1999-2007, Prof Satryo Soemantri Brodjonegoro pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi pada Kementerian Pendidikan Nasional RI.

Saat ini, ia aktif sebagai dosen tamu di bidang teknis mesin di Toyohashi University of Technology, Jepang dan ITB, seperti dikutip dari KSI Indonesia.

Selain itu, Prof Satryo Soemantri Brodjonegoro merupakan Fellow Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) sejak tahun 2008.

Baca juga: Daftar 33 Calon Menteri yang Dipanggil Prabowo Sore Ini, Belum Ada Kader PDIP, PKB Diwakili Cak Imin

(Tribunnews.com/Yunita Rahmayanti/Malvyandie Haryadi)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas