Tribun

Kian Meningkat, Pengguna Aset Kripto Mencapai 7,4 Juta Orang

Animo masyarakat terhadap investasi aset kripto semakin hari kian banyak, terutama dari kalangan milenial.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Malvyandie Haryadi
Kian Meningkat, Pengguna Aset Kripto Mencapai 7,4 Juta Orang
news.bitcoin.com
Ilustrasi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Animo masyarakat terhadap investasi aset kripto semakin hari kian banyak, terutama dari kalangan milenial.

Hal ini ditunjukkan, semakin ramai dan meningkatnya transaksi dibanyak crypto exchange terdaftar resmi di Indonesia, salah satunya di Indodax.

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan (Kemendag) melaporkan jumlah pengguna kripto di Indonesia hingga Juli 2021 sudah mencapai 7,4 juta orang.

Angka ini tumbuh dua kali lipat dalam setahun dengan nilai transaksi yang juga meningkat secara signifikan.

Hadirnya aset kripto di Indonesia pun diklaim bisa memberikan manfaat terhadap perekonomian orang - orang yang terjun berinvestasi di kripto.

Baca juga: Mengenal 5 Jenis Emas yang Cocok untuk Investasi, Mulai dari Emas Batangan hingga Emas Koin

Salah satunya, Fajar Kurniawan, seorang mantan sekuriti pusat perbelanjaan di Kota Yogyakarta.

“Saya mulai mengenal trading Bitcoin itu sejak saya di PHK dari tempat kerja saya karena pandemi corona. Setelah itu saya baca-baca di internet dan menemukan salah satu website yang menjelaskan tentang investasi aset digital yaitu website Indodax," kata Fajar dalam keterangannya, Kamis (28/10/2021).

"Setelah itu saya mulai tertarik dan langsung mempelajarinya. Sejak saat itu saya mulai terjun ke dunia trading," sambungnya.

Hal senada juga dirasakan Rifandi seorang driver ojek online dari Medan.

Ia mengatakan, trading aset kripto bisa menutupi kekurangan pendapatan yang dia alami karena pandemi.

“Alasan trading ingin merubah kehidupan jadi lebih baik aja gitu. Saya kan ojol. Ada tips dari customer yang ngasih seribu dua ribu saya kumpulin itu terus deposit. Ya lumayanlah tiap bulan nambah terus," ungkapnya.

Selain aset kripto yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup, aset kripto juga bisa dimanfaatkan untuk berdonasi seperti dilakukan salah satu platform crowdfunding asal Indonesia, Ayobantu.

Saat ini di Indonesia sudah memiliki wadah tempat jual beli lebih dari 170 aset kripto yang resmi terdaftar dan sudah diatur legalitasnya kementerian terkait.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas