Tribun

Amazon Siap Luncurkan Satelit Pada Kuartal IV 2022, Kucurkan Dana 10 Miliar Dolar AS

Amazon menginvestasikan lebih dari 10 miliar dolar AS untuk membangun jaringan internet tersebut.

Editor: Sanusi
Amazon Siap Luncurkan Satelit Pada Kuartal IV 2022, Kucurkan Dana 10 Miliar Dolar AS
ABL Space System/The Verge
Render artistik roket RS1 ABL Space System dengan prototipe satelit milik Amazon. 

TRIBUNNEWS.COM, NEW YORK - Amazon berencana meluncurkan satelit internet pada kuartal IV-2021. Ini merupakan bagian program Project Kuiper demi membangun 3.236 jaringan satelit di orbit rendah bumi.

Dengan begitu, raksasa teknologi ini bisa menyediakan internet berkecepatan tinggi di dunia. Tak main-main, Amazon menginvestasikan lebih dari 10 miliar dolar AS untuk membangun jaringan internet tersebut.

Baca juga: Pasar Diliputi Kekhawatiran Atas Kinerja Kuartalan Apple dan Amazon yang Memburuk

Amazon telah mengajukan permohonan peluncuran dua satelit prototipe pertama kepada Komisi Komunikasi Federal (FCC). Dua satelit yang akan diluncurkan yaitu KuiperSat-1 dan KuiperSat-2 dengan ABL Space pada roket RS1-nya.

“Kami akan segera siap untuk melihat bagaimana kinerja [satelit] ini di luar angkasa,” kata wakil presiden teknologi Amazon Rajeev Badyal dikutip dari CNBC, Selasa (2/11).

Ia mengungkapkan, tidak ada satelit pengganti untuk pengujian tersebut. Namun ia berharap Amazon akan lebih banyak belajar seiring kompleksitas dan risiko peluncuran di tengah kondisi lingkungan yang menantang.

Baca juga: Perluas Lini Bisnis, Amazon Buka Kantor Baru di Asia Square Singapura

Layanan awal dari Kuiper akan dimulai setelah Amazon memiliki 578 satelit di orbit. Bahkan, perusahaan menggandeng Verizon, raksasa telekomunikasi di bidang internet satelit berkecepatan tinggi.

Nantinya, Kuiper siap bersaing dengan jaringan Starlink SpaceX , yang merupakan sistem satelit broadband terjauh dalam generasi terbaru. Berbagai jaringan lain sedang dalam berbagai tahap pengembangan, termasuk OneWeb milik Inggris dan Astranis yang didukung BlackRock.

Tim Project Kuiper telah berkembang dengan mantap di Amazon, yang kini memiliki lebih dari 750 orang yang diperkirakan akan dipekerjakan pada tahun depan.

Amazon membangun fasilitas seluas 219.000 kaki persegi di Redmond, Washington untuk menguji dan memproduksi satelit, dan berencana untuk menambah fasilitas seluas 20.000 kaki persegi.

Peluncuran dan pengujian KuiperSat-1 dan KuiperSat-2 setahun dari sekarang merupakan salah satu tonggak utama dalam pengembangan sistem Amazon.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas