Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tinggalkan Meme, Gen Z Pindah Haluan Incar Saham Metaverse

Kini Gen Z mulai beralih haluan untuk berinvestasi pada bidang Metaverse serta kepemilikan saham kendaraan listrik.

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Sanusi
zoom-in Tinggalkan Meme, Gen Z Pindah Haluan Incar Saham Metaverse
Time
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews, Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Tepat setahun setelah pamor meme-stocks pada perdagangan saham GameStop meredup. Kini Gen Z mulai beralih haluan untuk berinvestasi pada bidang Metaverse serta kepemilikan saham kendaraan listrik.

Generasi Z yang didominasi kelahiran 1995-2010 dengan rentang berusia 11-26 tahun, mereka disebut – sebut sebagai iGeneration atau generasi internet.

Hal inilah yang kemudian membuat para Gen Z memulai peruntungannya berinvestasi dengan penggunaan platform teknologi mata uang koin digital seperti kripto dan blockchain.

Baca juga: Waspada, Ada Ancaman Penjara 10 Tahun Hingga Jadi Korban Penipuan Jika Jual KTP Sebagai NFT

Dilansir dari Reuters, Saham teratas yang dimiliki oleh Gen Z atau orang-orang yang lahir setelah 1996 pada kuartal keempat adalah Tesla Inc. Hal ini diperkuat dengan pernyataan dari Apex Fintech Solutions.

Apex Fintech Solutions selaku penyedia layanan penitipan dan kliring untuk pialang seperti SoFi, Stash, WeBull, dan Marcus dari Goldman Sachs Group menyebutkan hasil ini diperoleh dari pandangan beberapa investor selama triwulan terakhir.

Dari laporan tersebut tercatat, AMC Entertainment yang masuk dalam jajaran meme-stocks, mengalami penurunan posisi menjadi peringkat 2 setelah sebelumnya memegang peringkat pertama dari seratus saham teratas selama beberapa kuartal.

Baca juga: Ikuti Tren Ghozali Everyday, Begini Cara Jual Beli Karya NFT Melalui Opensea

BERITA REKOMENDASI

Untuk posisi ketiga masih dipegang Clearing arm Apex, sedangkan GameStop yang awalnya peringkat lima turun drastis di posisi sebelas.

Dengan adanya laporan saham ini beberapa saham meme lainnya yang kurang popular juga ikut anjlok seperti platform e-commerce Wish, ContextLogic turun 35 peringkat menjadi posisi 56, selain itu perusahaan biofarmasi Ocugen Inc mengalami penurunan 41 peringkat menuju ke posisi 91.

Hal ini berbeda dengan Rivian Automotive Inc selaku startup kendaraan listrik ternama, tercatat saat ini Rivian menempati urutan debut pertamanya pada posisi 44.

Untuk startup kendaraan lainnya seperti NIO, naik memegang posisi di nomor 8 dan Ford Motor Co berada di posisi 19.

Kenaikan juga terlihat pada Saham induk Facebook Meta Platforms Inc yang naik beberapa tingkat ke nomor 12, sementara itu Roblox juga mengalami kenaikan 36 tingkat.

“Ada lebih banyak minat pada metaverse,” jelas Chief Executive Officer, Apex Bill Capuzzi dalam sebuah wawancara.

Tak hanya startup kendaraan diatas yang mengalami kenaikan. Alat pembayaran pada Metaverse seperti Paypal juga ikut melonjak sejak kuartal tiga dengan menempati posisi ke 19. Pun sama halnya dengan Block yang terpantau stabil bertengger pada posisi 25.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas