Tribun

Startup Upway Raih Pendanaan Seri A Senilai 25 Juta Dolar AS

Startup yang menjual sepeda listrik rekondisi asal Prancis, Upway, meraih pendanaan Seri A senilai 25 juta dolar AS

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Sanusi
zoom-in Startup Upway Raih Pendanaan Seri A Senilai 25 Juta Dolar AS
ist
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nur Febriana Trinugraheni

TRIBUNNEWS.COM, PARIS - Startup yang menjual sepeda listrik rekondisi asal Prancis, Upway, meraih pendanaan Seri A senilai 25 juta dolar AS, yang dipimpin oleh Exor Seeds dan Sequoia Capital.

Dikutip dari Techcrunch, selain Exor Seeds dan Sequoia Capital, firma modal ventura Origins yang didukung oleh pemain sepak bola terkenal seperti Blaise Matuidi, Olivier Giroud dan N'golog Kanté, juga ikut berpartisipasi dalam putaran pendanaan hari ini (1/6/2022).

Global Founders Capital dan CEO startup mikromobilitas Dott, Henri Moissinac juga bergabung dalam putaran pendanaan ini.

Baca juga: 5 Alasan Pentingnya Penggunaan Cloud Computing untuk Perkembangan Startup

Saat ini, Upway beroperasi di dua negara yaitu Prancis dan Belgia. Namun sepeda listrik yang dipesan pelanggannya akan dikirim dari gudang yang terletak di Gennevilliers, Prancis. Perusahaan ini berencana memperluas bisnisnya ke Jerman, Belanda dan Amerika Serikat.

Upway yang menjual sepeda rekondisi, membeli sepeda listrik bekas, baik dari konsumen maupun perusahaan. Kemudian sepeda-sepeda tersebut akan dibawa ke gudangnya, untuk mendapat pemeriksaan dan perbaikan.

Baca juga: Hindari PHK, Menteri Trenggono Inisiasi Tumbuhnya Startup Sektor Kelautan dan Perikanan

Banyak orang yang ingin menggunakan sepeda listrik untuk pergi bekerja atau berkendara ke sekolah. Oleh karena itu, Upway menawarkan sepeda listrik dengan harga yang lebih terjangkau, serta memiliki garansi satu tahun. Beberapa pelanggan juga dapat membayar secara kredit, dengan beberapa kali cicilan tanpa bunga.

Upway juga menjual helm dan aksesoris sepeda seperti lampu, kunci sepeda hingga kursi untuk anak. Secara keseluruhan, perusahaan ini menjual 400 model berbeda dari berbagai merek sepeda listrik seperti Moustache, O2feel, Keola, Veloci, Arcade, Cowboy, dan VanMoof.

Saat ini diperkirakan ada 20 juta sepeda listrik di jalan-jalan Eropa dan Amerika. Penjualan sepeda listrik mengalami perkembangan pesat di Eropa, sehingga produsen sepeda listrik mendapat keuntungan dengan adanya peningkatan penjualan ini, termasuk startup seperti Cowboy dan VanMoof. Sepeda listrik diperkirakan akan memainkan peran penting di masa depan mobilitas perkotaan di kota-kota besar Eropa. Beberapa kota bahkan telah banyak berinvestasi dalam layanan bike-sharing, seperti Vélib' di Paris.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas