Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Volume Perdagangan Bitcoin Rebound, Pesonanya Kalahkan NASDAQ dan Emas di Kuartal I 2023

Volume perdagangan Bitcoin pada kuartal awal 2023 dilaporkan naik 30 persen menjadi 77 miliar dolar AS.

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Volume Perdagangan Bitcoin Rebound, Pesonanya Kalahkan NASDAQ dan Emas di Kuartal I 2023
Bitcoin.com
Bitcoin mencatatkan lonjakan transaksi selama perdagangan di bulan Januari hingga awal Maret 2023 setelah kepercayaan investor pada perdagangan aset digital memulih pasca kebangkrutan sejumlah perbankan besar di AS akibat krisis likuiditas. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEW.COM, NEW YORK – Volume perdagangan Bitcoin pada kuartal awal 2023 dilaporkan naik 30 persen menjadi 77 miliar dolar AS.

Lonjakan tersebut dicapai Bitcoin selama perdagangan di bulan Januari hingga awal Maret, tepatnya setelah kepercayaan investor pada perdagangan aset digital memulih pasca kebangkrutan sejumlah perbankan besar di AS akibat krisis likuiditas.

Munculnya tekanan ini yang membuat investor mulai beralih ke aset kripto ketimbang berinvestasi ke bentuk aset dollar, terlebih selama beberapa pekan terakhir posisi US dolar di pasar internasional mulai kehilangan panggung.

Hal ini terjadi lantaran sejumlah negara telah mempertimbangkan alternatif pengganti US dolar.

Seperti baru-baru ini, aliansi BRICS (Brazil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan) kembali membicarakan pembuatan mata uang baru yang akan digunakan pada perdagangan internasional, menggantikan dominasi US Dollar.

Imbas dari ditinggalkannya US dolar, kini perdagangan Bitcoin mulai mengalami lonjakan hingga koin kripto ini dinobatkan sebagai aset dengan kinerja terbaik di kuartal pertama 2023 dengan keuntungan 72,4 persen.

BERITA TERKAIT

Mengalahkan dominasi saham NASDAQ yang hanya membukukan keuntungan 15,7 persen serta emas yang mengalami kenaikan tipis sebesar 8,4 persen, seperti yang dikutip dari Coingecko.

Berkat sinyal positif investor terhadap Bitcoin, kapitalisasi pasar kripto di kuartal ikut terseret naik mencapai 1,2 triliun dolar AS atau melonjak sekitar 48,9 persen bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Baca juga: Update Harga Kripto, Kamis 20 April 2023: Bitcoin Cs Berada di Zona Merah

Dominasi Bitcoin di kuartal ini bahkan mengalahkan arus masuk pada aset stablecoin seperti SDC dan BUSD yang masing – masing mengalami penurunan sebesar 26,9 persen dan 54,5 persen.

Meskipun investor menunjukkan sentimen positif terhadap Bitcoin, akan tetapi volume perdagangan BTC di minggu ini masih relatif rendah, karena hanya mampu mencapai 970 juta dolar AS.

Baca juga: Popularitas Bitcoin Meroket, Hampir 98 persen Produk BTC Pimpin Investasi Kripto

Harga Bitcoin menurut pantauan coinmarketcap saat ini berada di kisaran 28,863.42 dolar AS. Anjlok sekitar 0, 93 persen, setelah hari sebelumnya nilai Bitcoin melonjak di atas 30.000 dolar AS.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas