Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Biar Gak Kalap, Ini Tips Gunakan Paylater saat Momen Diskon Akhir Tahun

Hampir seluruh toko offline hingga e-commerce seperti Bukalapak juga memberikan diskon akhir tahun. Apalagi, sekarang Kredivo bisa kamu gunakan sebaga

Penulis: Content Writer
zoom-in Biar Gak Kalap, Ini Tips Gunakan Paylater saat Momen Diskon Akhir Tahun
istimewa
Ketahui cara penggunaan layanan pembayaran Bukalapak Paylater jelang promo akhir tahun ini. (Dok. Kredivo) 

TRIBUNNEWS.COM - Jelang akhir tahun, promo atau diskon semakin gencar dilakukan oleh para pelaku bisnis. Momentum angka kembar yang biasa terdengar, seperti 10.10, 11.11, bahkan 12.12 pastinya dimanfaatkan oleh para konsumen untuk berbelanja produk idaman mereka.

Semakin membaiknya kondisi ekonomi dan perubahan tren belanja online juga turut mendorong peningkatan transaksi berbelanja di Indonesia.

Bank Indonesia sendiri membukukan tingkat belanja online masyarakat pada bulan Oktober lalu, di mana e-commerce mencatat Rp42,2 triliun atau tumbuh 10,69 persen dengan volume penjualan mencapai 361,54 juta transaksi. Hal ini diprediksi akan meningkat di penghujung tahun.




Tingginya minat masyarakat dalam berbelanja menjelang akhir tahun bukanlah hal baru, terutama seiring dengan momentum kuartal empat yang diwarnai oleh Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). 

Hampir seluruh toko offline hingga e-commerce seperti Bukalapak juga memberikan diskon akhir tahun. Apalagi, sekarang Kredivo bisa kamu gunakan sebagai metode pembayaran Bukalapak paylater yang memudahkan untuk mendapatkan barang diskon pada Harbolnas nanti.

Berkat kemudahan ini, tidak sedikit orang menjadi gelap mata dalam menggunakan paylater di musim diskon seperti sekarang. Oleh karena itu, agar pemakaian paylater lebih bijak, simak tips berikut ini sebelum menggunakannya.

Baca juga: Dijamin Beli Gadget Lebih Untung! Berikut 5 Promo Cicilan Elektronik Online dari Kredivo

1. Cek kondisi keuangan

BERITA TERKAIT

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah melihat kondisi keuangan. Meskipun limit Kredivo masih banyak, bukan berarti kamu bisa asal check out di Bukalapak, bisa-bisa keuangan kamu jadi kacau jika tidak mengetahui kemampuan bayarnya.

Maka dari itu, disarankan untuk cek kondisi keuangan kamu terlebih dahulu, agar bisa mengetahui kapasitas diri sendiri. Apakah ada kebutuhan lain yang lebih mendesak yang harus didahului?

Apabila tidak ada kebutuhan mendesak dan sudah bulat ingin paylater untuk membeli barang incaran saat diskon akhir tahun, kamu harus tahu berapa besar cicilan yang kamu mampu bayar di bulan berikutnya.

2. List barang yang akan dibeli

Langkah selanjutnya agar tidak gelap mata dalam berbelanja pakai paylater adalah membuat catatan belanja. Tujuannya tidak lain agar kamu tidak membeli barang yang tidak diperlukan alias sembarangan, sehingga bisa fokus untuk membeli keperluan yang seharusnya.

Namun, patut diketahui juga bahwa kamu harus mencatat perkiraan biaya belanja yang akan dibeli, apakah total tagihan bulanan tersebut sesuai dengan kemampuan bayar bulanan atau tidak?

Jika kemampuan bayar kamu misalnya Rp1 juta sebulan, dan setelah membeli list barang yang diinginkan sisa Rp200 ribu, maka jika ingin beli barang di luar daftar, jangan sampai melebihi batas kemampuan bayar.

3. Jangan tergiur harga coret

Jelang promo akhir tahun, pasti banyak sekali barang dengan harga coret, alias harga asli yang dicoret, dan digantikan dengan harga promo. Banyak seller yang menggunakan trik ini, padahal harga aslinya hanya berubah Rp1 ribu atau Rp5 ribu saja.

Selain itu, ada juga trik lain yang digunakan seller, yaitu menaikkan harga terlebih dahulu, lalu mencoret harga tersebut, dan menjualnya dengan harga biasa.

Jadi kamu harus cermat mengenali barang yang benar-benar diskon atau hanya harga coretan palsu di mana harga aslinya memang termasuk normal. Caranya adalah survei harga dari jauh-jauh hari, sebelum Harbolnas atau diskon akhir tahun dimulai.

4. Gunakan diskon dari Paylater

Nah, ini juga tidak kalah penting karena pasti ada saja promo menarik yang disediakan paylater pada akhir tahun. Seperti Kredivo, yang memberikan promo Kesamber pada Harbolnas 12.12 nanti. Kredivo memberikan promo cicilan 0 persen untuk tenor 6 bulan, dan bebas 1 bulan cicilan untuk tenor 12 bulan.

Tidak hanya jadi pembayaran Bukalapak paylater saja, Kredivo juga #Sefleksibelitu, karena sudah bekerja sama dengan top e-commerce seperti Blibli, Lazada, Tokopedia, serta online travel agent, yakni Tiket.com, Pegipegi.com, Garuda Indonesia, sampai Citilink.

Ini artinya, kalau kamu juga bisa menggunakan promo dari Kredivo untuk akomodasi liburan, dan akan menjadi lebih hemat, dan praktis!

Menggunakan layanan cicilan paylater bisa sangat menguntungkan bila bijak dan memperhitungkan dengan baik keuangan kamu. Namun, jika tidak memperhitungkan keuangan, justru bisa terjebak pada layanan cicilan yang salah, dan sangat merugikan kamu ke depannya.

Jadi yang terpenting selalu bijak dalam berutang, ya! (*)

Baca juga: Dijamin Untung! Berikut 5 Promo Kredit HP Tanpa Uang Muka dari Kredivo

Admin: Sponsored Content
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas