Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Meme Kripto Donald Trump Anjlok, Terjun Bebas Pasca Debat Capres AS

Koin kripto bertema Donald Trump dilaporkan anjlok lebih dari 8 persen setelah Kamala Haris kandidat dari partai Demokrat

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Meme Kripto Donald Trump Anjlok, Terjun Bebas Pasca Debat Capres AS
AFP/ANGELA WEISS
Mantan Presiden AS dan calon presiden dari Partai Republik untuk tahun 2024 Donald Trump 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON – Koin kripto bertema Donald Trump dilaporkan anjlok lebih dari 8 persen setelah Kamala Harris kandidat dari partai Demokrat dan Donald Trump wakil dari partai Republik menggelar debat calon presiden Amerika Serikat atau Capres AS.

Sebelum debat digelar, koin meme Trump di platform jual beli kripto sempat unggul namun setelah Donald Trump di bantai Kamala Harris dalam debat tersebut koin meme bertema Donald Trump langsung anjlok.




Menurut jajak pendapat CNN International para pengamat debat menyatakan point Kamala Harris dalam debat Capres AS unggul jauh dibandingkan Trump dengan nilai 63:37. Sementara menurut survei YouGov menunjukkan Harris menang di antara suara pemilih terdaftar dengan capaian 43:28.

Baca juga: Hacker Bobol Platform Kripto Indodax, Curi Rp280,9 Miliar Dana Milik Investor

Hal serupa juga diungkapkan Para pakar di Fox News, merek sepakat bahwa Harris berhasil menang telak melawan Trump di debat perdananya. Kekalahan ini yang membuat kripto bertema Donald Trump amblas dalam perdagangan pasar global.

Kripto bertema Donald Trump seperti Trumpie (TRUMPIE), Donald Trump (TREMP) dan MAGA Pepe (MAPE) adalah yang paling merugi di sektor koin meme politik selama 24 jam terakhir. TRUMPIE anjlok lebih dari 47 persen, sementara TREMP dan MAPE turun lebih dari 25 persen, mengutip Daily Coin.

Mayoritas Aset Kripto Cetak Penurunan Tajam

Pasca debat Capres AS digelar, mayoritas aset kripto yang diperdagangkan di pasar global mencatat penurunan tajam, tak terkecuali Bitcoin yang dilaporkan anjlok hingga harganya turun 0,27 persen, bergerak hanya pada kisaran 57.000 dolar AS.

BERITA TERKAIT

Diikuti TRON TRX yang turut mencatatkan kejatuhan harga mencapai 2,78 persen dalam 24 jam, dan dalam sepekan penguatannya tersisa 0,95 persen menuju harga 0,15 dolar AS.

Kemudian Ethereum ETH juga dalam trend yang sama, terdepresiasi 0,54 persen, serta dalam sepekan sudah melemah 1,48 persen di kisaran harga 2.341,38 dolar AS. Mengekor yang lainnya, Solana SOL juga terseret dalam trend stagnan. Dengan perdagangan hari ini mencatat di teritori negatif 0,31 persen menjadi 134,17 dolar AS.

Adapun tren pergerakan negatif mulai melanda pasar kripto buntut ketegangan investor pasca Donald Trump dan Kamala Harris menggelar debat Capres putaran pertama mereka di satu panggung.

Baca juga: Pasar Kripto Rebound, Bitcoin Melesat di Atas 57.000 Dolar AS Didorong Optimisme Perlambatan Inflasi

Tren pergerakan negatif mulai melanda pasar kripto buntut ketegangan investor pasca Donald Trump dan Kamala Harris menggelar debat Capres putaran pertama mereka di satu panggung.

Ketegangan ini yang mendorong kepanikan investor kripto, mereka khawatir apabila kemenangan Kamal, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Harris dalam Pilpres AS dapat berpotensi mencalonkan Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) Gary Gensler yang anti kripto sebagai Menteri Keuangan.

Ini karena Bitcoin dipandang sebagai aset yang dapat memberikan petunjuk waktu nyata tentang siapa yang unggul dalam debat. Isu tersebut yang mengirimkan gelombang kejut ke seluruh komunitas kripto, hingga investor kompak melakukan wait and see membuat pergerakan reli aset -aset cryptocurrency anjlok di perdagangan pasar global.

Berbanding terbalik dengan Kamala Harris, Donald Trump kandidat dari partai Republik justru mendapat banyak dukungan dari investor kripto karena kebijakannya cenderung pro dengan kripto dan sejumlah aset digital.

Bahkan untuk mendukung perluasan adopsi kripto di AS, Trump mantan Presiden AS yang kini kembali mencalonkan diri berencana menunjuk ketua Securities and Exchange Commission (SEC) yang ramah terhadap kripto, mendirikan cadangan strategis Bitcoin nasional, serta membentuk dewan penasihat kripto untuk presiden.

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas