Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Spheros, Pemain Baru di Pasar AC Bus

Spheros, produsen AC bus asal Jerman, menggarap pasar Indonesia

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Budi Prasetyo
zoom-in Spheros,  Pemain Baru di Pasar AC Bus
TRIBUNNEWS.COM ? Choitul Arifin
Satu lagi pemain AC untuk kendaraan komersial masuk ke pasar Indonesia. Spheros, produsen AC bus asal Jerman, menggarap pasar Indonesia 

TRIBUNNEWS.COM JAKARTA - Satu lagi pemain AC untuk kendaraan komersial masuk ke pasar Indonesia. Spheros, produsen AC bus asal Jerman, menggarap pasar Indonesia dengan memasarkan empat tipe AC bus. Keempat tipe tersebut adalah CC 145, CC 170, CC 200, dan CC 355.

Di Indonesia, pemasaran AC Spheros diageni oleh PT Klima Anlage Jaya. Perusahaan ini ditunjuk menjadi distributor tunggalnya.

Marsell Sutandhi, Director PT Klima Anlage Jaya (KAJ) mengatakan AC Spheros resmi masuk ke pasar Indonesia pada Oktober 2012 silam. "Kami berani bersaing dengan produk sejenis yang sudah lebih dulu ada, terutama untuk kebutuhan karoseri bus," kata Marsell.

Kempat tipe AC bus Spheron dipasarkan untuk empat segmen penggunaan berbeda. AC tipe CC 145 ditujukan untuk kendaraan komersial sekelas microbus empat roda, tipe CC 170 dan CC 200 untuk tipe bus medium, dan AC tipe CC 355 untuk tipe bus berukuran besar.

AC Spheros CC 145 dirancang sebagai AC rooftop dan diklaim sebagai AC terbaik di kelasnya dengan kapasitas pendinginan yang besar, mudah dalam perawatan dan ketersediaan suku cadangnya.
AC tipe ini memiliki kapasitas pendinginan maksimum ke kabin sebesar 13/46.000 btu dengan voltasi 12 volts, kompresor berukuran 210 cm3, dan konsumsi daya 51 Ampere.

AC ini memiliki keunggulan antara lain pada proses instalasinya yang mudah dan cepat serta memiliki dua posisi alternatif untuk ducting, di posisi tengah atau samping.

BERITA TERKAIT

AC Spheros tipe CC 170 dan CC 200 untuk penggunaan bus medium segala tipe diklaim hemat biasa karena menggunakan teknologi Multi-Flow Condensor (MFC) dan cocok dipakai di negara beriklim panas seperti Indonesia. Masing-masing memiliki kapasitas pendinginan maksimal ke kabin sebesar 20/69.000 btu dan 24/82.000 btu.

Sementara, AC Spheros tipe CC 355 memiliki keunggulan pada ukurannya yang lebih kecil dibanding produk kompetitor di kelasnya namun memiliki kapasitas pendinginan yang lebih besar. AC tipe ini memiliki kapasitas pendinginan maksimum ke kabin sebesar 40/137.000 btu dengan konsumsi daya 91 Ampere.

Setiap AC Spheros dilengkapi dengan control panel dengan desain elegan, mudah penggunaan, dan layar yang mudah dibaca. Pengaturan kekuatan anginnya bisa dilakukan secara otomatis dan disertai alarm untuk mendiagnosis jika terjadi kerusakan. (choirul arifin)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas