Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Audi R8 Facelift Tampil Lebih Dinamis

PT Garuda Mataram Motor, Agen Pemegang Merek (APM) Audi meluncurkan Audi R8 Facelift

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Audi R8 Facelift Tampil Lebih Dinamis
Xinhua

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- PT Garuda Mataram Motor, Agen Pemegang Merek (APM) Audi meluncurkan Audi R8 Facelift pada pameran otomotif terbesar di tanah air, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013. Audi R8 memiliki karakter sporti yang menempati urutan teratas dari lineup produk Audi.

CEO PT Garuda Mataram Motor, Andrew Nasuri mengatakan, mobil ini terdiri dari tiga varian mesin yang berbeda yakni R8 V8, R8 V10 dan R8 V10 plus. "Mobil sport berperforma tinggi ini sekarang tampil lebih dinamis dan lebih bertenaga dari sebelumnya. Itu karena berbagai perubahan yang dilakukan pada 2012 termasuk 7 percepatan," kata Andrew, di Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/9/2013).

Untuk bodi dan interior, Audi menuangkan seluruh kemampuannya dalam hal konstruksi super ringan lewat R8, hal itu terlihat jelas pada bagian bodi mobil. Audi Space Frame (ASF) berbahan aluminium yang beratnya hanya 210 kilogram tersemat dalam mobil ini.

Sementara itu, model Audi R8 V10 memiliki berat 1.570 kilogram. Audi mengurangi berat model baru ini hingga 50 kilogram dibandingkan dengan R8 V10 Coupe yang menjadi dasarnya. Desain eksterior telah diubah sedemikian rupa. Fitur yang paling membedakan adalah lampu LED yang baru sekarang telah menjadi standar pada semua model, single-frame gril bergaya heksagonal dan knalpot berbentuk besar dan bulat.

Lampu belakang semua pada model termsuk sein yang dinamis, dihasilkan oleh lampu LED, dimana cahaya lampu secara dinamis mengikuti kemana arah pengemudi ingin berbelok. Tubuh R8 V10 ditambah dengan berbagai fitur yang terbuat dari serat karbon dan diperkuat bahan polymer (CFRP), termasuk bodi samping, frame kaca spion, spoiler depan dan diffuser yang khas.

Audi R8 memiliki distribusi beban ganda sekitar 43:57, hasil ideal untuk sebuah mobil sport dengan mesin berada ditengah. Mekanisme pelumasan kering memungkinkan mesin untuk dipasang pada posisi yang rendah, memberikan pusat grativikasi yang sangat rendah pada roda kendaraan.

Sistem peredaman magnetik adaptif yang menjadi standar pada Audi R8 V10 ini dapat mengubah fungsi peredam kejut saat diperlukan. Sasis Audi R8 V10 memang dibangun untuk sisi kedinamisan.

BERITA TERKAIT

Velg Audi R8 berdiameter 19 inci juga tersedia dengan model palang 5. Sistem rem pada mobil besutan Jerman ini sangat mengesankan. Keempat cakram dilubangi secara internal, dan desain gelombang cakramnya mengurangi bobot mobil ini. Audi juga menawarkan opsi cakram berbahan serat karbon keramik yang bahkan lebih ringan, namun sangat tahan lama.

Tags:
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas