Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Alasan Kenapa Rem Tangan Datsun Go Terkesan Jadul

Go diposisikan sebagai mobil keluarga pertama untuk konsumen di negara-negara maju.

Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Alasan Kenapa Rem Tangan Datsun Go Terkesan Jadul
WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Mobil Datsun GO dipamerkan dalam acara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013, di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (19/9/2013). Acara yang memamerkan berbagai produk kendaraan dari puluhan agen tunggal pemegang merek (ATPM) ini akan berlangsung hingga 29 September 2013. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha 

TRIBUNNEWS.COM – Pada acara peresmian produksi perdana Datsun Go, di pabrik Oragadam, dekat  Chennai, India, pekan lalu, KompasOtomotif bersama dua media nasional lain mendapatkan kesempatan eksklusif perihal penjelasan detail soal Go. Beberapa detail disampaikan langsung oleh si insinyur pencipta, Kazuyuki Yamaguchi, Kepala Rekayasa Kendaraan Datsun.

Go diposisikan sebagai mobil keluarga pertama untuk konsumen di negara-negara maju. Fokus utamanya adalah menyajikan pilihan produk yang punya efisiensi bahan bakar prima dan harga terjangkau.

"Meskipun menjadi mobil keluarga, mereka mau mobilnya itu punya tampilan yang modern, ini yang melatarbelakangi desain Go pada awalnya," jelas Kazuyuki.

Hal lain yang menjadi beban tersendiri adalah tuntutan harga yang terjangkau, tetapi wajib juga punya ruang lega. Go punya dimensi panjang 3.785 mm, lebar 1.635 mm, tinggi 1.400 mm, dan jarak sumbu roda 2.450 mm.

Ground clearance yang lebih tinggi membuat mobil kota ini tangguh di jalan rusak dan tidak mentok. Luas dalam kabin diklaim terbaik di kelas mobil kota segmen B, dan kompetitif dengan B+. Ruang bahu penumpang di dalam kabin juga lebih lega ketimbang merek lain.

"Desain jok depan yang menyatu dengan penumpang juga membuat kenyamanan jadi lebih baik. Ini menjadi salah satu alasan mengapa kami memilih tipe rem tangan model tarik demi tercipta ruang lebih lapang di depan," beber Kazuyuki.

Meski menggunakan rem tangan bergaya "jadul", tak membuat Datsun kehilangan kepercayaan diri. Pasalnya, banyak mobil masa kini di Jepang yang kembali menggunakan rem tangan jenis ini. "Namanya mode, selalu berputar, nanti akan semakin banyak yang menggunakan desain rem tangan seperti ini. Di Jepang sudah terjadi," imbuh Koichiro Okamoto, CPS Chief Product Specialist Datsun.

BERITA TERKAIT
Tags:
Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas