Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Pertamina Hibahkan Mobil Listrik ke Enam Kampus Terpilih

Pertamina ingin mendorong upaya pengembangan kapasitas dan kemampuan nasional untuk memproduksi alat transportasi yang ramah lingkungan.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Y Gustaman
zoom-in Pertamina Hibahkan Mobil Listrik ke Enam Kampus Terpilih
Istimewa
Mobil electric executive luxury car hibah PT Pertamina untuk pengembangan dan penelitian transportasi listrik ke enam universitas terpilih yakni Universitas Brawijaya, Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Universitas Riau, Institut Teknologi Bandung, dan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Adiatmaputra Fajar Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Pertamina menghibahkan satu unit electric executive luxury car kepada Universitas Brawijaya. Hibah ini bagian dari upaya perusahaan Pertamina mendukung pengembangan kapasitas nasional dalam penyediaan mobil listrik sebagai alat transportasi ramah lingkungan.

Pertamina juga menghibahkan masing-masing mobil serupa kepada lima perguruan tinggi terpilih lainnya melalui program CSR Pertamina yakni Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Universitas Riau, Institut Teknologi Bandung, dan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.

Langkah tersebut adalah tindak lanjut surat Kementerian BUMN No. S-59/S.MBU/4.2013 pada 24 April 2013 perihal Program Pengembangan Mobil Listrik. "Ini adalah bentuk partisipasi aktif Pertamina dalam pengembangan mobil listrik nasional," ujar Direktur Umum Pertamina Luhur Budi Djatmiko dalam keterangan di Jakarta, Kamis (17/7/2014).

Pertamina sangat mendukung program pemerintah, dalam hal ini Kementerian BUMN. Menurut Luhur, Pertamina ingin mendorong upaya pengembangan kapasitas dan kemampuan nasional untuk memproduksi alat transportasi yang ramah lingkungan.

Luhur menjelaskan, pemilihan enam perguruan tinggi sebagai penerima hibah karena telah memiliki program terkait dengan mobil listrik. Mobil listrik bantuan Pertamina ini, ungkapnya, dapat dijadikan sebagai sarana penelitian dan pengembangan lebih lanjut universitas penerima hibah.

Pertamina melalui PT Pratama Mitra Sejati, telah bekerjasama dengan PT Sarimas Ahmadi Pratama sebagai vendor pelaksana pembuatan mobil listrik yang direkomendasikan Kementerian BUMN untuk membuat enam unit electric executive luxury car. Keenam mobil tersebut pernah dipamerkan di ajang KTT APEC 2013 di Bali.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas