Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Mudik Lebaran 2014

Setelah Mudik, Ini Tujuh Perawatan Wajib Untuk Mobil Anda

Setelah lewati perjalanan mudik ratusan kilometer, inilah tujuh perawatan wajib untuk mobil Anda.

Setelah Mudik, Ini Tujuh Perawatan Wajib Untuk Mobil Anda
TRIBUN JATENG
Arus Mudik Padat Merayap, dari Jakarta ke Tegal mencapai 19 Jam. Padahal normalnya cuma 7 jam saja. 

TRIBUNNEWS.COM - Anda tentu saja tidak ingin kembali beraktivitas atau pergi ke kantor dengan kondisi mobil yang semrawut bukan? Nah, setibanya Anda kembali dari perjalanan mudik yang panjang, pastikan menyisihkan satu hari libur tambahan sebelum kembali beraktivitas. 

Waktu senggang ini disiapkan untuk mengembalikan performa mobil Anda kembali prima setelah menempuh perjalanan panjang. PT Asuransi Astra Buana (Garda Oto) menyatakan, ada tujuh hal yang wajib diperiksa atau dperbaiki setelah mudik. apa saja itu? 

"Kaki-kaki" 
Tentu perjalanan panjang mudik tidak selalu dihadapi dengan kondisi aspal mulus. Ada saja sesekali lubang, jalan berbatu, atau bergelombang selama perjalanan. Nah, pastikan Anda memeriksa kaki-kaki mobil. Perhatikan apakah ada bunyi-bunyian yang tidak normal. Jika ada, segera bawa kendaraan tersebut ke bengkel langganan.

Kopling dan kampas rem
Perjalanan mudik kerap dikenal dengan macet massal karena besarnya jumlah kendaraan yang keluar dari Ibu Kota pada waktu bersamaan. Situasi seperti ini pasti membuat penggunaan rem jadi lebih intens. Wajib periksa kopling dan kampas rem.

Saringan udara
Jika rute yang dilalui relatif berdebu, periksalah saringan udara. Bersihkanlah jika saringan udara mobil Anda kotor atau ganti baru jika memungkinkan.

Interior dan eksterior 
Hindari bau dan pemandangan yang tidak sedap pada interior dan eksterior mobil Anda. Debu, tanah, sampai air sisa hujan yang menempel di bodi dan kaca wajib dicuci bersih. Bagian interior perlu dibersihkan, disedot debu, hilangkan noda bekas makanan atau minuman tumpah di jok, sampai cuci karpet. Jangan lupa, beri sentuhan parfum mobil setelah interior dibersihkan, supaya tercium aroma yang harum.

Tekanan ban 
Selalu cek tekanan ban. Biasanya pengendara kendaraan akan menambah tekanan ban sebelum memulai perjalanan jauh untuk menghindari terjadi hydroplanning. Pastikan juga periksa ketebalan kembang ban, jika ada benjolan, segera ganti karena selain mengurangi kenyamanan, juga berbahaya jika sampai meletus di jalan.

Cairan 
Periksa air radiator, aki dan washer wiper apakah harus kembali dicek. Jika perlu, tambahkan bila jumlahnya kurang dari batas minimum.

Mesin
Periksa munculnya kondisi aneh seperti suara-suara yang timbul atau timbulnya rembesan. Segeralah bawa ke bengkel jika menemukan masalah tersebut.


Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas