Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Dealer Moge Indian Difungsikan Tempat Kongkow Bikers

Brand Indian bersama Victory masuk ke pasar Indonesia lewat PT Arya Motor Indonesia (AMI).

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Dealer Moge Indian Difungsikan Tempat Kongkow Bikers
IST

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Makin bertambahnya jumlah kelas menegah di Indonesia membuat negeri ini jadi pasar menggiurkan buat motor-motor berkapasitas silinder besar alias moge. Satu lagi pemain baru yang akan meramaikan pasar moge di Tanah Air adalah Indian Motorcycles dan Victory. Kedua brand ini datang dari Amerika Serikat.

Moge ini siap bersaing dengan brand moge lain yang sudah lebih dulu eksis dan masuk ke pasar Indonesia seperti Harley Davidson dan Cleveland Werks.

Di Amerika Serikat sana, brand Indian sebenarnya lebih dulu lahir sebelum brand-brand lain beredar. Brand ini lahir di 1901 dan karenanya berani mengklaim dirinya sebagai 'The First American Motorcycle.' Brand Indian bersama Victory masuk ke pasar Indonesia lewat PT Arya Motor Indonesia (AMI).

Perusahaan ini ditunjuk oleh Polaris Industries Inc., prinsipal motor Indian dan Victory di AS sebagai distributor tunggal resmi untuk kedua merk moge tersebut di pasar Indonesia. Sebelumnya, AMI sudah menjadi distributor motor Victory sejak 2012.

Ada sekitar model moge Indian yang resmi akan dipasarkan ke Indonesia pada tahun depan yang mencakup semua model yang diproduksi oleh Polaris Industries Inc, yakni tipe touring, bagger dan cruiser. Kelima model moge tersebut adalah Indian Chief Classic, Indian Chief Vintage, Indian Chieftain, Indian Roadmaster dan Indian Scout.

Model Roadmaster dan Scout akan menjadi model andalan AMI memasarkan brand Indian di Indonesia. Kedua model sudah lebih dulu meluncur di pasar AS, di kesempatan gathering bikers di Kota Sturgis, pada 4 Juli 2014 silam. Kelima moge ini akan dipasarkan di harga mulai Rp 410 juta off the road sampai Rp 800-an juta off the road. Harga tersebut berlaku nasional.

Sebagai langkah awal, AMI telah menyiapkan sebuah flagship store seluas 2.000 meter persegi di Jalan fatmawati Raya No.16 Jakarta Selatan. Gerai ini akan menjadi showroom motor-motor Indian dan Victory berikut stok kendaraannya, suku cadang, dan aksesoris sekaligus melayani servis.

BERITA TERKAIT

Ke depannya, gerai ini juga akan diposisikan sebagai tempat nongkrong para bikers dari berbagai komunitas motor, baik motor besar maupun motor kecil untuk saling berbagi informasi. AMI siap memfasilitasi mereka melalui penyelenggaraan berbagai event berkala yang bermanfaat buat para bikers, termasuk aktivitas safety riding dan touring bareng.

Denny Mulyono, Presiden Direktur AMI, dalam konferensi pers di Rolling Stone Cafe, Jakarta Selatan, Selasa (19/8/2014) )mengatakan, kehadiran moge Indian di pasar Indonesia bukan untuk menjadi pesaing buat merk-merk moge yang sudah lebih dulu masuk dan mapan. Tapi untuk memberi alternatif pilihan moge dengan kualitas bagus, model berkelas, dan terjangkau oleh para penikmat moge di Indonesia.

Denny optimistis, brand moge Indian dan Victory akan diterima pasar Indonesia karena berdasar analisis internalnya, market moge di Indonesia terbilang besar. Menurutnya, brand Indian sebagai moge klasik bercitarasa asli Amerika sudah lama ditunggu pecintanya di Tanah Air karena merupakan "Piece of Art" yang wajib dimiliki para biker.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas