Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Tiga Mobil Konsep Toyota Mejeng di IIMS 2014

Yang tak kalah menarik, adalah model FV2. Mobil ini dirancang khusus untuk berkomunikasi antara perasaan si pengendara dan kendaraan

Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Tiga Mobil Konsep Toyota Mejeng di IIMS 2014
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 akan dibuka pada Kamis (18/09/2014) pagi di Pekan Raya Jakarta (PRJ) Kemayoran, Jakarta. Dalam acara yang akan berlangsung hingga 28 September itu PT Toyota Astra Motor (TAM) akan mengusung tema "Creating Tomorrow for Indonesia".

Toyota menampilkan 17 model terkini, termasuk 3 unit berkonsep teknologi masa depan, beserta tiga unit simulator. Secara keseluruhan ada 35 produk dan unit display yang terdapat di main booth dan commercial booth.

"Kami berkomitmen membangun industri otomotif nasional dengan memproduksi mobil-mobil berdaya saing tinggi dalam pertarungan pasar dunia. Produk Toyota di sini harus mampu bersaing dan membawa nama Indonesia ke pentas dunia," kata Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono di tengah acara kunjungan media di pabrik Toyota di Karawang, Rabu (17/09/2014).

Ditegaskannya, Toyota Indonesia tidak hanya menargetkan sebagai market leader di pasar dalam negeri, namun juga bertekad membawa produk otomotif Indonesia ke kancah persaingan pasar global.

Mengenai peran serta di ajang IIMS, Toyota secara khusus juga akan mengenalkan berbagai teknologi terkini. Dengan memberikan edukasi dan jalinan yang lebih dekat dengan publik, diharapkan ke depan Toyota mampu memberikan sesuatu sesuai kebutuhan.

Warih menyatakan bersyukur, melalui kinerja selama ini Toyota Indonesia telah berhasil memperoleh kepercayaan besar dari Toyota Motor Corporation, dimana kini 90 persen produk Toyota yang beredar di tanah air sudah diproduksi di dalam negeri.

Bahkan pabrik di Karawang ini juga telah mengeksport baik komponen-komponen maupun mesin ke lebih 70 negara di dunia.

BERITA TERKAIT

Ajang IIMS tampaknya juga bakal menjadi ajang unjuk keunggulan teknologi bagi para produsen. Demikian juga bagi Toyota yang akan menampilkan hasil karya terbarunya. Dari 35 kendaraan yang akan dipamerkan,  tiga di antaranya merupakan mobil konsep, yakni FT-1, FV2, dan FCV.

Untuk FT-1, nama mobil itu merupakan singkatan dari Future Toyota One (1). Mobil ini adalah konsep dari mobil Toyota di masa depan. "FT1 dikembangkan oleh Calty Design Research dari Amerika. Kalau bicara desain, mobil ini memiliki tampilan eksterior mobil sport yang berkombinasi dengan gaya F1 dan kokpit yang dibuat mirip pesawat," jelasnya.

Yang tak kalah menarik, adalah model FV2 yang merupakan generasi lanjutan dari FV1. Mobil ini dirancang khusus untuk berkomunikasi antara perasaan si pengendara dengan kendaraan.

"Ketika tangan menyentuh bagian tertentu dari mobil, otomatis mobil bisa mengetahui perasaan si pengendara. FV2 juga bisa menyimpan memori pengendara," jelas Warih lagi

 FV2 juga mampu memberikan sejumlah alternatif hiburan ketika suasana hati si pengendara sedang tidak bagus. "Antara pengendara dan kendaraan menyatu," imbuhnya.

Toyota juga akan memboyong mobil berbahan bakar hidrogen, FCV ke ajang IIMS. Mobil itu memanfaatkan bahan bakar hidrogen yang mampu bereaksi dengan oksigen untuk menghasilkan listrik.

"Emisi yang dihasilkan berupa uap air. Kendaraan ini juga dikombinasikan dengan hibrida. Pada saat melaju dengan kecepaan tinggi dia secara otomatis mengisi baterai. Saat baterai penuh bisa support untuk efisiensi," tegasnya.

Tags:
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas