Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Hatchback Proton Iriz Didatangkan Utuh dari Malaysia ke Indonesia

Iriz memiliki dimensi yang relatif sama dengan kebanyakan hatchback di Indonesia. Secara tampilan luar terbilang mirip dengan Daihatsu Sirion

Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Hatchback Proton Iriz Didatangkan Utuh dari Malaysia ke Indonesia
IST

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Telah mengakuisisi pabrikan mobil asal Inggris, Lotus, menjadi nilai tambah tersendiri bagi Proton. Pengembangan mobil terutama untuk handling serta kenyamanan terus digarap oleh Lotus. Menghasilkan produk-produk yang memberi kenyamanan dan handling sangat baik.

Setelah Proton Exora Prime, Preve dan Suprima S hadir di Indonesia dengan membawa serta ‘rasa' Inggris tersebut, tak lama lagi akan hadir produk terbaru. "Kita akan mendatangkan utuh Proton Iriz," jelas Winara Arigayo, Head of Sales and Marketing Division, PT Proton Edar Indonesia.

Iriz memiliki dimensi yang relatif sama dengan kebanyakan hatchback di Indonesia. Secara tampilan luar terbilang mirip dengan Daihatsu Sirion atau Perodua MyVi jika di Malaysia. Namun, "Ini merupakan platform baru. Ada kemungkinan bisa dikembangkan ke model lain," tambahnya.

Postur tubuh Iriz memiliki panjang nyaris 4 meter, dengan lebar sekitar 1,7 meter dan tinggi 1,5 meter. Cukup kompak memang dan cocok untuk konsumsi dalam kota. PEI akan mendatangkan utuh dari Malaysia. Meski diakui akan ada sedikit penyesuaian mengenai fitur, tapi secara keseluruhan tidak jauh berbeda.

Jika demikian, maka IRiz ini akan dilengkapi dengan beragam fitur menarik yang mungkin tidak ada di kelasnya. Seperti Vehicle Dynamic Control (VDC), hill-hold assist, immobilizer dan lainnya. Sementara itu, untuk mesin didatangkan yang berkapasitas 1.300 cc. Diimbuhi dengan teknologi Campro yang diklaim memiliki performa baik dan efisien.

Terdapat juga dua pilihan transmisi di Iriz, yakni CVT serta manual. Menariknya, dengan berbagai teknologi tersebut, rencananya compact car ini akan dijual cukup terjangkau. "Harganya sekitar varian LCGC. Berkisar Rp 120-150 juta. Tapi untuk pastinya, akan diumumkan saat launching," jelasnya.

Bukan itu saja, PT PEI juga akan melakukan peremajaan pada varian Exora Star. Kemunculannya diperkirakan pada kuartal kedua. Bagian yang akan dilakukan peremajaan sampai saat ini masih dalam penggodokan.

BERITA TERKAIT
Tags:
Sumber: Otomotif Net
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas