Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Menunggu Honda Civic Turbo Mendarat di Pasar Indonesia

Honda Civic kini memakai mesin 1.500 cc VTEC dengan turbo

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Menunggu Honda Civic Turbo Mendarat di Pasar Indonesia
Auto Bild Indonesia
Honda Civic Turbo 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Model terbaru Honda Civic sudah dirilis, namun belum diniagakan di Indonesia. Bukan hanya tampilan baru yang berubah total, tapi juga mesin.

Uniknya, Honda Civic kini memakai mesin 1.500 cc VTEC dengan turbo. Tak heran tenaganya mencapai 148 dk. Kapan Honda Civic turbo dijual di Indonesia?

Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor masih belum mau memastikan. Ia hanya menyebut bahwa pangsa pasar sedan di Indonesia sangat kecil, hanya sekitar 2-3 %.

Ini akibat pajak barang mewah yang besar hingga harga jualnya jadi mahal. Tapi Jonfis tidak menampik bahwa sedan juga punya konsumen loyal yang mengutamakan keasyikan berkendara.

Meski mahal, mereka tetap membelinya untuk mencari kenikmatan berkendara yang tak bisa didapat di SUV atau MPV.

Jonfis mengungkapkan jika mesin baru 1.500 cc VTEC turbo akan jadi tren ke depan.

"Regulasi emisi gas buang di Eropa sudah Euro 6 yang menuntut efisiensi lebih tinggi. Itu hanya bisa didapat dari mesin 1.500 atau 1.600 cc. Kendala tenaga yang rendah diatasi dengan menambahkan turbo," sebutnya.

Meski sudah pakai turbo namun tak lantas menuntut bensin oktan tinggi. Teknologi membuat mesin turbo saat ini mampu meminum bensin oktan 90 sekalipun. "Saya sudah pernah mencobanya. Bahkan bensin oktan 88 juga bisa," yakin Jonfis.

Jonfis memang belum mau berkomentar soal kapan Honda Civic terbaru ini diluncurkan di Tanah Air. Namun pekan lalu, pihaknya sempat mengeluarkan rilis soal Honda Civic generasi 10 ini meraih penghargaan di Amerika Serikat.

Mungkinkah ini sebuah indikasi Honda Civic terbaru akan muncul tahun ini di Indonesia?

 
 

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas