Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Lakukan Perawatan Sunroof Mobil Minimal 3 Bulan Sekali

Sunroof mobil merupakan fitur yang digunakan untuk menikmati pemandangan sekitar dari atas mobil.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Lakukan Perawatan Sunroof Mobil Minimal 3 Bulan Sekali
TRIBUN JATENG/TRIBUN JATENG/a prianggoro
Pengemudi mobil menikmati fasilitas sunroof atau jendela atap yang sistem operasionalnya buka tutup secara elektrik. Sunroof memiliki fungsi untuk sirkulasi udara. Tambahan fasilitas sunroof cocok digunakan saat berada di daerah pegunungan karena sirkulasi udara yang dihasilkan bisa lebih bersih. TRIBUN JATENG/a prianggoro 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Ruang kabin mobil menjadi berkesan lega, karena ada tambahan cahaya masuk ke dalam kabin. Namun seiring pemakaian sunroof juga memerlukan perawatan agar dapat berfungsi dengan baik. Inilah alasan mengapa sunroof mobil harus dirawat.

Sunroof merupakan fitur yang mengasyikan. Mobil bisa berkesan lega, karena ada tambahan cahaya masuk ke dalam kabin. Namun seiring pemakaian sunroof juga memerlukan perawatan agar dapat berfungsi dengan baik. Inilah tips merawat sunroof.

Sunroof mobil merupakan fitur yang digunakan untuk menikmati pemandangan sekitar dari atas mobil. Sunroof ini biasanya terbuat dari kaca tembus pandang yang bisa dibuka-tutup.

Selain bisa memasukkan udara segar ke dalam kabin, rasa berkendara pun menjadi istimewa karena membuat penumpang bagai tak berjarak dengan alam. Tak heran semakin banyak mobil-mobil yang menerapkan sunroof, terutama mobil-mobil mewah.

Walau dirancang bisa bertahan hidup seumur mobilnya, sunroof tetap perlu mendapat perawatan. Apalagi setelah mendengar tak sedikit orang yang mengeluh karena sunroof bermasalah, setelah dipakai beberapa tahun.

“Kalau untuk sunroof itu idealnya dicek setiap 3 bulan sekali. Dibersihkan karet-karetnya dan diperhatikan kondisi relnya. Pastikan juga agar terbebas dari kotoran baik daun kecil maupun kerikil. Tujuannya agar tidak seret dan menghambat gerak kaca,” ucap Audi Daniel pemilik bengkel Cleaners Auto Spa di Bintaro.

Audi menambahkan, untuk mobil bersunroof lebih baik jangan parkir di tempat terbuka yang langsung terkena sinar matahari.

Tak lain karena itu dapat memperpendek umur karet yang cepat getas jika sering terkena matahari langsung.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas