Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Nuansa Motor Sport di Hari Ketiga IIMS 2016

Rock crawling merupakan jenis kompetisi yang lebih lima tahun tak berlangsung di Indonesia dan kini hanya bisa ditemukan di IIMS 2016.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Nuansa Motor Sport di Hari Ketiga IIMS 2016
DYANDRA
Ajang Rock Crawling Warfare di hari ketiga IIMS 2016, Sabtu (9/4/2016) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Penyelenggaraan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 di akhir pekan Sabtu (9/4/2016) hari ini penuh nuansa olahraga motorsport.

Diawali di pagi hari, sebanyak 400-an mobil semua umur, dari yang klasik sampai generasi terbaru, ambil bagian dalam IIMS City Rally. Start dan finish di JIExpo Kemayoran.

Reli saba kota ini mewajibkan peserta ‘blusukan’ ke berbagai sudut Jakarta untuk menemukan pos-pos rahasia yang disiapkan panitia.

Total jarak tempuh kurang lebih 65 km dan sepanjang jalan harus menaati rambu lalulintas sesuai regulasi yang ditetapkan IMI (Ikatan Motor Indonesia).

Agar adil, peserta dibagi tiga kelompok: pemula, seeded, dan wanita. Seru, karena banyak yang kelimpungan memecahkan soal.

Event lainnya bernuansa motorsport di IIMS 2016 pada akhir pekan ini adalah Rock Crawling Warfare. Ini adalah kompetisi offroad untuk menaklukkan ‘perbukitan dan bebatuan’ yang menampilkan 40-an peserta.

Rock crawling merupakan jenis kompetisi yang lebih lima tahun tak berlangsung di Indonesia dan kini hanya bisa ditemukan di IIMS 2016. Event ini akan berlangsung hingga Minggu (10/4) dan berelanjut ke babak final pada 16-17 April.

BERITA TERKAIT

Ajang lainnya di Sabtu ini adalah balapan motor yang diikuti kalangan komunitas roda dua. Balapan ini menggunakan lintasan khusus di area outdoor IIMS 2016. Balapan yang dihelat adalah seri kedua balap skuter VBI Scooter GP.

Ini benar-benar merupakan ajang balapan dan pesertanya wajib gaspol karena berkaitan dengan poin di serial kejuaraan nasional yang tahun ini berlangsung 5 seri.

Total peserta mencapai 200. Tekanan terkuat dialami tiga pembalap teratas yang kampiun di seri pertama lalu, yakni Iqbal Wahyudin (Casa de Vespa), Bomed dan Agni Herton (keduanya dari tim Pro Scooter RT).

Ketiganya kini memimpin klasemen dengan total poin 38, 36, dan 30.

“Apakah terjadi pergeseran posisi, menarik menunggu babak final pada Minggu (10/4/2016) besok. Seri kedua ini tak hanya penting buat mereka bertiga, tapi juga kontestan lain agar masih punya peluang di seri 3 yang berlangsung awal Agustus di Sirkuit Sentul,” kata Ketua Umum Vespa Balap Indonesia (VBI) Putut Nugroho.

Untuk meramaikan acara balapan, digelar juga IIMS Rolling Thunder yang juga akan berlangsung sampai Minggu (10/4/2016).

Ini acara yang khusus buat komunitas motor, datang berbondong ke lokasi pameran namun tetap dengan aturan dan tata krama berkendara sesuai aturan. Mereka menjadi teladan buat biker lainnya.

Nuansa motorsport di akhir pekan pertama IIMS 2016 dan diperkirakan akan lebih heboh lagi di pekan terakhir karena event tahunan IIMS Drift War kembali menggelegar.

Program baru IIMS Edu Class juga sudah dihelat, dimulai dengan bahasan pengembangan bisnis di kancah audio, dan selanjutnya thema lain seputar modifikasi dan coaching clinic seputar aktivitas kendaraan 4 x 4.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas