Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Distribusi Motor Yamaha di Bulan Maret Turun, Ada Apa?

Di bulan Maret kita kurangi, tapi kenyataannya di Maret penjualannya malah bagus. Makanya memasuki bulan April kita naikkan vokume delivery-nya.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Distribusi Motor Yamaha di Bulan Maret Turun, Ada Apa?
TRIBUNNEWS/CHOIRUL ARIFIN
Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing Yamaha Indonesia 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Data distribusi sepeda motor Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) selama Maret 2016 menunjukan tren pertumbuhan penjualan.

Pasar tumbuh 7,3 persen jika dibanding bulan sebelumnya dengan perolehan total penjualan 563.341 unit.

Dlihat dari brand, Honda mencatat kenaikan angka pengiriman motornya ke jaringan dealer, yakni dari 362.668 unit menjadi unit 440.171.

Sementara, Yamaha turun dari 139.235 unit pada Februari menjadi hanya 108.416 unit pada April 2016.

Ada apa dengan Yamaha? Menjawab pertanyaan ini, kami mencoba menanyakan langsung kepada Mohammad Masykur, Asisten General Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Ditemui di Jakarta baru-baru ini, Masykur mengatakan, angka penurunan penjualan wholesale Yamaha selama Maret terjadi semata karena Yamaha melakukan rasionalisasi stok unit di dealer.

"Maret turun karena kita melakukan rasionalisasi stok setelah hasil penjualan di bulan Februari ternyata kurang memuaskan. Lalu di bulan Maret kita kurangi, tapi kenyataannya di Maret penjualannya malah bagus. Makanya memasuki bulan April kita naikkan vokume delivery-nya ke dealer. Voluma produksi juga kita naikkan," terang Masykur.

BERITA TERKAIT

Masykur menambahkan, langkah rasionalisasi stok itu dilakukan karena pihaknya memang menyehatkan manajemen stok unitnya. "Kita inginnya menjelang puasa nanti demand naik sampai nanti Lebaran. Masalahnya, momen menjelang puasa ini berbarengan juga dengan momen anak masuk sekolah," kata Masykur.

"Orangtua biasanya mengalokasikan dana untuk biaya pendidikan anak juga. Puasa dan momen masuk sekolah momennya hampir bareng yakni sama-sama di bulan Juni," papar Masykur.

Masykur menambahkan, untuk menjaga pasokan stok unit Yamaha ke dealer di masa datang, pihaknya juga memperhitungkan faktor cuaca. "Di area tertentu daerahnya sekarang tergenang oleh banjir," Masykur mencontohkan.

Masykur juga menyebutkan, meski di April piihaknya menggenjot volume produksi motor, pihaknya belum sampai memberlakukan produksi hingga tiga shift.

"Kita memang menggenjot produksim tapi tidak sampai menambah shift sampai ke shift tigam karena tidak semua line produksi kita aktifkan. Di pabrik Pulogadung ada tiga fasilitas produksi tapi tidak semuanya jalan dengan dua shift," jelasnya.

Berikut data pengiriman motor Yamaha selama Maret-April 2016:

Total Pengiriman:
Maret 108.416 unit
April 120.158 unit.

Pengiriman Yamaha NMAX:
Maret 20.998 unit
April 21.832 unit
.
Ekspor NMAX:
Maret 18.040
April 33.020

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas