Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Jangan Paksakan Pasang Busi Racing di Motor Standar, Hasilnya Sia-sia

"Busi racing kalau dipakai di motor biasa tak ada gunanya, harus dipakai di motor yang benar-benar tipe racing."

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Jangan Paksakan Pasang Busi Racing di Motor Standar, Hasilnya Sia-sia
TRIBUNNEWS/CHOIRUL ARIFIN
Contoh busi racing produksi NGK Busi Indonesia saat dipamerkan di booth NGK Busi Indonesia di gelaran GIIAS 2016. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Selama ini banyak pemilik kendaraan bermotor yang punya persesi, memasang busi jenis racing alias busi untuk spesifikasi balapan, pada sepeda motor standar, akan membuat performa motor ikut meningkat. Akselerasi jadi meningkat dan makin enteng.

Benarkah?

Kami menanyakan hal ini kepada Mr President Director PT NGK Busi Indonesia, Mr Hisato Kato. Ternyata itu adalah persepsi yang sepenuhnya keliru.

"Busi racing kalau dipakai di motor biasa tak ada gunanya, harus dipakai di motor yang benar-benar tipe racing," kata Mr Hisato Kato dalam sebuah obrolan dengan Tribun dan sejumlah media di sela gelaran pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 di ICE BSD City, Tangerang, baru-baru ini.

Karenanya, Mr Kato menambahkan, NGK Busi Indonesia tidak merekomendasikan konsumennya memasang busi jenis racing ke motor standar, meskipun motor tersebut dipakai untuk penggunaan harian.

Mr Kato menjelaskan, busi jenis racing memang dirancang berbeda dengan jenis busi biasa oleh pihak pabrikan.

Dari tampilan fisiknya, desain insulator dan material elektrolit pada busi jenis racing sudah berbeda dari jenis busi biasa.

BERITA TERKAIT

"Tingkatan panas yang dihasilkan kedua jenis busi ini juga berbeda. Intensitasnya juga beda. Wujud kepala businya juga beda," jelasnya.

Mr Kato juga m,engingatkan, karena desain kepalanya berbeda dari busi biasa, memaksakan busi racing ke dudukan busi di motor biasa akan membuat piston motor jadi rusak.

"Kalau dipaksakan masuk ke mesin biasa, pistonnya bisa rusak," ungkapnya.

NGK selama ini banyak memasok busi jenis racing ke sejumlah pebalap dan tim balap di berbagai ajang balapan internasional, regional Asia dan di ajang balapan di tingkat lokal Indonesia dengan tampil sebagai sponsor di ajang balapan MotoGP, WSBK, ARRC, Yamaha Sunday Race dan lain-lain.

NGK juga menjadi sponsor di ajang balap mobil Formula 1 dan di balap WRC. "Busi-busi jenis racing biasa dipakai Valentino Rossi di ajang balap," ungkap Mr Kato. 

Mulai pasarkan

PT NGK Busi Indonesia sendiri saat ini mulai memasarkan busi jenis racing ini di pasar Indonesia. Tapi sasaran pasarnya bukan pemilik sepeda motor standar, tapi untuk motor balap yang dipakai untuk balapan di sirkuit.

"Kita sedang lakukan penjualan busi jenis ini. Kita sedang mengolah jaringan penjualannya tapi dengan cara terbatas, lewat tim tim-tim racing. Tunggu aja, tidak lama lagi akan segera kita pasarkan," ungkap Mr Kato.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas