Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Bus Tiga Sumbu Milik PO Paradep Trans Ini Dilengkapi Fitur Mewah di Kabinnya

Interior bus didominasi warna fushia untuk dashboard, kursi dan karpetnya, sedangkan untuk bodi interior didominasi warna abu-abu.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Bus Tiga Sumbu Milik PO Paradep Trans Ini Dilengkapi Fitur Mewah di Kabinnya
HANDOUT
Interior bus Jetliner Double Deck PO Paradep Trans. Bus ini dibuat oleh Karoseri Rahayu Santosa, Bogor, dengan platform sasis Mercedes-Benz OC 500 RF-2542. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Era bus premium memang benar-benar sudah tiba di Indonesia. Ini lantaran pasar kini dibanjiri oleh masuknya sasis premium dari berbagai pabrikan bus ternama Eropa yang sebelumnya di satu dekade lalu belum pernah ada.

Fenomena ini membuat industri karoseri menggeliat. Karoseri Rahayu Santosa, Bogor, kemudian memproduksi bodi bus  Jetliner Double Deck untuk sasis dengan gross vehicle weight (GVW) 24 ton.

Bodi ini bisa diaplikasikan pada sasis bus Mercedes-Benz OC 500RF 2542 atau di sasis Scania K410.

Pelanggan yang memesan bus Jetliner Double Deck buatan karoseri ini salah satunya adalah PT Pelita Paradep yang mengibarkan bendera Perusahaan Otobus (PO) Paradep Trans.

Kabin bus dengan panjang 13,5 meter ini dirancang begitu istimewa. Kabinnya dilengkapi perangkat hiburan untuk penumpang sepanjang perjalanan. Ada tiga unit TV LCD, satu unit di bawah dan dua unit tv lantai atas. 

Interior bus didominasi warna fushia untuk dashboard, kursi dan karpetnya, sedangkan untuk bodi interior didominasi warna abu-abu.

Kursi yang dipilih adalah kursi premium yang ergonomis, untuk kursi yang ada di bawah dilengkapi dengan penyangga kaki sehingga penumpang bisa menikmati perjalanan dengan nyaman.

BERITA REKOMENDASI

Bus dua lantai ini memiliki total kapasitas angkut penumpang 59 seat atau setara bus Antar Kota Antar Provinsi kelas eksekutif dengan jarak antar bangku yang relatif renggang untuk ukuran orang Indonesia.

PO Pelita Paradep juga menjadi operator bus kedua di Medan yang membeli bus tiga sumbu Mercedes-Benz OC RF-2542 dengan bodi Jetliner High Deck.

Bus ini dicat dengan warna dominan hijau, dikombinasikan dengan warna orange dan sedikit warna kuning, sesuai dengan identitas warna cat bodi PO bus ini selama ini. 

Bus Jetliner Double Deck
Bus Jetliner Double Deck PO Paradep Trans. Bus ini dibangun dengan platform sasis Mercedes-Benz OC 500 RF-2542 oleh body builder Rahayu Santosa, Bogor.

Sebagai pemanis, di bagian dinding bus disematkan gambar Taj Mahal, destinasi wisata di India yang selama ini menjadi favorit pemilik PO Pelita Paradep. 

Di samping kanan dan kiri-kaca depan bagian atas dilengkapi penahan ranting untuk meminimalisir kaca atas terkena ranting-ranting pohon saat bus berjalan. 

Baca: Bus Jetliner Double Decker Buatan Karoseri Rahayu Santosa Meluncur

Bus ini nantinya diproyeksikan melayani trayek bus malam menempuh rute Medan – Pematang Siantar dan Bandara Kualanamu – Siantar.

“Kami ingin melayani pelanggan lebih baik. Setelah kami membuat Jetliner High Deck, kini kami hadirkan Jetliner versi Duble-Deck,” kata Direktur PT Pelita Padarap Trans, Boby Paradep.

Manager Marketing PT. Rahayu Santosa, Chrystianto Sutardy menyatakan rasa terima kasihnya atas kepercayaan yang diberikan PO Paradep Trans kepada karoserinya untuk memproduksi  bus Jetliner Double Deck ini.

“Terima kasih kepada pelanggan setia Karoseri Rahayu Santosa, atas kepercayaannya kepada produk-produk kami,” ujar Chrystianto Sutardy.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas