Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Perhatikan Hal Ini Sebelum Ganti Per Toyota Calya-Daihatsu Sigra

Pergantian per standar Calya atau Sigra ke per yang lain karena mobil kembar tersebut bila dimuati penuh 7 penumpang bagian belakangnya akan amblas

Perhatikan Hal Ini Sebelum Ganti Per Toyota Calya-Daihatsu Sigra
TRIBUNNEWS/REYNAS
Toyota Calya di booth Toyota di arena GIIAS 2016, Sabtu (20/8/2016) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tren ganti per di besutan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra sedang hangat dilakukan komunitas Calya dan Sigra. Lebih detailnya adalah per belakang yang diganti dengan per mobil lain.

"Beberapa member Calsic yang melakukan pergantian per. Ada yang menggunakan per (Toyota) Etios yang tinggal dipasangkan saja alias plug n' play dan ada juga yang memakai per dari (Suzuki) Escudo dan yang lain juga," cerita Ryan, Humas Calya Sigra Club (Calsic).

Beberapa alasan kenapa melakukan pergantian per standar Calya atau Sigra ke per yang lain karena mobil kembar tersebut bila dimuati penuh 7 penumpang bagian belakangnya akan amblas atau ban belakang jadi mencelup ke rumah roda.

Bagi beberapa pemilik Toyota Calya dan Daihatsu Sigra kondisi itu dianggap kurang menyenangkan dan untuk mengatasi kondisi tersebut dilakukan pergantian per dengan yang sesuai.

Kudu Ganti Per?

Memang sih alternatif meningkatkan performa per bisa dengan mengganti pegas OEM-nya dengan per dari mobil atau produk aftermarket. Tapi apakah dengan pegas dari mobil merek lain bisa dicangkokkan langsung atau plug & play?

"Pada dasarnya pergantian per standar bawaan pabrik dengan per lain bisa. Dengan syarat kalau langsung plug & play harus benar-benar pas ukuran dan juga tinggi pernya," tutur Dolf Valentino selaku Kepala Bengkel PT Astra International Tbk-Daihatsu Pangeran Jayakarta, Jakarta.

Ditambahkan bila mengganti per OEM Sigra atau Calya dengan Toyota Etios belum pernah dilakukan, namun pergantian per itu bisa dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal.

"Spesifikasi harus sama, ukuran dan juga performa per setara dengan yang digantikan. Plus bila mobil masih dalam garansi, dengan mengganti per maka membatalkan garansi," imbuh Dolf.

Disarankan bagi pemilik Toyota Calya dan Daihatsu Sigra jika akan melakukan modifikasi terutama per belakang dikonsultasikan dengan bengkel terpercaya secara matang serta pilihan yang ditawarkan serta tentunya harga pergantiannya. Tentu per bawaan pabrik sudah melalui dan pengembangan  sesuai dengan kebutuhan dan keperluan mobil yang bersangkutan.
 

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Otomotif Net
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas