Tribun Otomotif

Memasang Lampu LED di Mobil

Hindari memasang kabel yang berjuntai. Sebaiknya, rapatkan kabel menjadi satu dengan kabel ties kecil.

Editor: Choirul Arifin
Memasang Lampu LED di Mobil
AUTO BILD INDONESIA
Lampu LED jenis DRL 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Harga bohlam halogen pada lampu mobil standar tidaklah murah. Sehingga tidak sedikit pemilik kendaraan menggantinya dengan lampu jenis LED. Hal ini imbas adanya daya tahan yang lebih lama sehingga lebih hemat di kantung.

Penggunaan lampu LED juga dirasa mampu mempercantik tampilan kendaraan. Untuk Anda yang ingin memasang atau mengganti LED, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar pemasangan dan penggunaannya bisa maksimal. 

1. Bersihkan Area Sekitar Lampu
Bersihkan area sekitar rumah lampu Anda sebelum mulai memasang LED. Tujuannya adalah agar debu-debu yang sebelumnya menempel tidak menimbulkan kerak pada sambungan kabel. Gunakan sabun cuci mobil. Hal ini agar isolasi pada cover lampu tidak mudah mengelupas.

2. Cek Kondisi Aki
Perhatikan juga kondisi aki sebelum mulai membeli. Kebutuhan arus listrik lampu LED pada tiap bagian berbeda-beda. Misalnya sein di belakang kaca spion butuh voltase rata-rata 12 V DC. Pastikan daya tersebut masih cukup untuk menyuplai listrik pada mobil

3. Rapikan Pemasangan Kabel
Hindari memasang kabel yang berjuntai. Sebaiknya, rapatkan kabel menjadi satu dengan kabel ties kecil. Selain itu, pastikan pita isolasi pada sambungan kabel sudah benar-benar rapat. Hal ini untuk mencegah terjadinya korsleting ketika kabel terkena air atau penghantar listrik lainnya.

4. Lakukan Double Check pada Instalasi Lampu
Sebelum memasang cover lampu, sebaiknya coba dahulu lampu Anda, apakah sudah dapat bekerja dengan baik dan normal. Sering orang salah memasang kutub kabel sehingga lampu tak bekerja dan terjadi korsleting.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas