Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Bus Double Decker Tegaskan Posisi Lorena-Karina Pelopor di Industri Transportasi Darat

Fabrikasi ke-12 bus Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 yang dioperasikan PO Lorena dan Karina ini dilakukan di pabrik Mercedes-Benz di Spanyol

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Bus Double Decker Tegaskan Posisi Lorena-Karina Pelopor di Industri Transportasi Darat
HANDOUT
Managing Director Commercial Vehicle Mercedes-Benz Indonesia, Ralf Kraemer (kiri) berbincang dengan Managing Director Lorena Transport Tbk Dwi Rianta Soerbakti MBA dengan latar belakang bus Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 Double Decker di sela acara peluncuran 12 unit bus Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 Double Decker PO Lorena dan Karina di workshop Mercedes-Benz Distribution Indonesia di Ciputat, Tangerang Selatan, Selasa (6/6/2017). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Eka Sari Lorena Transport Tbk resmi meluncurkan 12 bus double decker Mercedes-Benz 2542 Double Deckers (bus tingkat) di workshop PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI), Ciputat, Tangerang Selatan, Selasa (6/6/2017).

Ke-12 bus ini di-branding dengan nama PO Lorena dan PO Karina.

Managing Director PT Eka Sari Lorena Transport Tbk Dwi Rianta Soerbakti MBA mengatakan kehadiran bus double decker ini menegaskan kembali posisi Lorena dan Karina sebagai pelopor angkutan transportasi darat di Indonesia.

"Kami siap menyongsong era baru dan berkomitmen mengembangkan industri transportasi di Indonesia dengan selalu menawarkan armada-armada bus terbaru bagi pelanggan kami dengan mengedepankan aspek keamanan dan kenyamanan bagi para penumpang," ungkapnya.

PO Lorena dan PO Karina selama dikenal sebagai pionir di layanan bus malam yang melayani trayek di Pulau Jawa dan Sumatera sejak tahun 1980-an.

Dia menambahkan, dengan mengoperasikan bus tingkat terbaru dari Mercedes-Benz ini untuk layanan bus malam antarkota antarprovinsi (AKAP), pihaknya sangat yakin akan mampu bersaing dengan perusahaan otobus lainnya di Indonesia.

Hadirnya 12 bus ini meningkatkan kualitas layanan PO Lorena dan PO Karina kepada para pelanggannya.

BERITA TERKAIT

Sebelumnya, dua dari 12 bus ini telah dipamerkan oleh Mercedes-Benz Indonesia di depan sejumlah pengusaha angkutan di Tanah Air pada ajang Mercedes-Benz Commercial Vehicle Expo di ICE, BSD City, Tangerang, pada 6 Mei 2017 lalu.

Di acara ini dilakukan penyerahan secara simbolis 1 unit bus Mercedes-Benz 2542 Double Deckers Lorena Transport Tbk kepada Dwi Rianta Soerbakti.

Acara tersebut dihadiri Deputy Director Sales Bus & Van Mercedes-Benz Indonesia Adri Budiman, Sekretaris Jenderal Kementrian Perhubungan RI Sugiharjo dan Pudji Hartanto, Direktur Jenderal Perhubungan Darat RI serta I Gusti Putu Suryawirawan, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian RI.

Fabrikasi ke-12 bus Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 yang dioperasikan PO Lorena dan Karina ini dilakukan di pabrik Mercedes-Benz di Spanyol dan diimpor ke Indonesia oleh PT MBDI.

Bus Mercedes Benz OC 500 RF 2542 merupakan bus tipe triple axle. Bus ini menggunakan mesin diesel OM457LA yang dikenal tangguh dan efisien untuk transportasi darat jarak jauh.

Mesin berkapasitas 11.967 cc ini sudah dilengkapi dengan turbo intercooler yang mampu menghasilkan tenaga maksimum  310 Kw (422 horse power) pada 2.000 RPM dan torsi tertinggi pada 1.900 Nm pada 1.100 rpm.

Kinerja mesin sepenuhnya dikendalikan secara elektronis untuk memastikan injeksi bahan bakar yang lebih tepat dan efisien. 

Sasisnya memiliki dimensi panjang x lebar x tinggi 14,355 x 2.500 x 1,720

Fitur-fitur keamanan terbaik di bus ini anara lain, sistem pengereman disk brake, Electronic Stability Program (ESP) yang membuat roda bus anti-selip, ABS (antilock braking system), Retarder untuk memastikan daya pengereman dan ASR.

Penulis: Choirul Arifin

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas