Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Tata Motors Stop Penjualan Tata Nano di India

Keputusan menghentikan penjualan Tata Nano ini diambil manajemen lantaran penjualan Nano di dalam negeri yang tak kunjung terangkat.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Tata Motors Stop Penjualan Tata Nano di India
LIVEMINT
Fasilitas perakitan Tata Nano di pabrik Tata Motors di India. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tata Motors dikabarkan akan menghentikan penjualan mobil murah Tata Nano di pasar India karena penjualannya yang seret di pasar domestik. Tata Motors selanjutnya akan fokus menjual Tata Nano di pasar ekspor.

Mengutip Livemint, Senin (10/7/2017), Tata Nano pertama kali diperkenalkan di pasar India tahun 2009 oleh Ratan Tata sebagai mobil rakyat dengan harga terjangkau. Tata Nano sempat mendapat sebutan sebagai mobil dengan harga termurah di dunia.

Keputusan menghentikan penjualan Tata Nano ini diambil manajemen lantaran penjualan Nano di dalam negeri yang tak kunjung terangkat.

Sementara, pada saat bersamaan Tata Motors menghadapi kendala investasi untuk menyempurnakan Tata Nano terkait dengan munculnya regulasi tentang uji tabrak terbaru di India.

Regulasi yang berlaku di India mulai 2019 mewajibkan semua kendaraan yang dipasarkan di dalam negeri harus lolos uji tabrak.

Saat pertama kali dipasarkan tahun 2009, Tata Motors menjual Nano seharga Rs100,000 per unitnya. Harganya terus merangkak naik dan kini menjadi sekitar Rs 2.69 lakh per unit.

Tata Motors sempat memperkenalkan Tata Nano di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) beberapa tahun lalu di Kemayoran, Jakarta.

BERITA TERKAIT

Penulis: Choirul Arifin

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas