Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Harga Mobil Pedesaan Idealnya Maksimal Rp 80 Juta

Dari pemetaan saat ini baru Wintor dan Fin Komodo yang sudah masuk tahap pemasaran.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Harga Mobil Pedesaan Idealnya Maksimal Rp 80 Juta
Otomania/Stanly
Mobil nasional Fin Komodo 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejak tahun lalu program kendaraan pedesaan sudah resmi bergulir. Ini merupakan program inisiasi Institut Otomotif Indonesia (IOI) bersama dengan Kementerian Perindustrian.

Pekan lalu Kementerian Perindustrian telah menyelesaikan konsep produk dan proses pengembangan kendaraan pedesaan.

I Made Dana Tangkas, Presiden IOI mengatakan, dari perspektif pengembangan kendaraan pedesaan secara komprehensif terdapat beberapa pelaku dalam negeri yang bisa dikategorikan sebagai kendaraan pedesaan yaitu seperti Wintor, Fin Komodo, KHS/Quick, generasi 2A & 2B yg didesain oleh team IOI dan Kemperin.

Menurutnya, dari pemetaan saat ini baru Wintor dan Fin Komodo yang sudah masuk tahap pemasaran.

Sedangkan yang lain dalam persiapan produksi dan pengembangan produk yang sesuai dengan permintaan konsumen di pedesaan.

Untuk finalisasi akhir dari rencana produksi massal, saat ini sedang dipersiapkan untuk segmentasi khusus bagi masyarakat pedesaan termasuk petani, pekebun, peternak dan nelayan.

Baca: Anggota DPR Ini Kaget, Indonesia Kok Impor Gas dari Singapura

BERITA TERKAIT

Namun saat ini sedang digodok dan dikaji oleh tim, beberapa persyaratan yang masuk kriteria kendaraan pedesaan seperti kendaraan multiguna, mesin dibawah 1.000 cc serta kisaran harga.

"Sesuai arahan dari Kemperin harga di bawah Rp 100 juta, maka kami IOI mengancangkan produk kendaraan pedesaan dengan berbagai variasinya diharapkan bisa mencapai harga Rp 60 juta sampai Rp 80 juta," kata Made kepada KONTAN, Senin (11/9/2017).

Baca: Inden Yamaha TMAX Dibuka Lagi Lho! Jangan Lupa Baca Persyaratannya

Menurutnya, hal ini dijalankan sesuai dengan konsep Value Engineering dan Value Analysis. Termasuk mendapat beberapa kemudahan seperti insentif dari pemerintah.

Proyek ini akan melibatkan rekanan dari pemasok, prinsipal lokal, main assembler/assembly, karoseri, perusahaan alsintan, dealer/outlet dan perbengkelan, leasing company dan asuransi lokal. Saat ini sudah terdaftar lebih dari 40 pemasok yang merupakan anggota Pikko, Giamm, Koperasi Batur Jaya Ceper, Koperasi Tegal, dan para beberapa pelaku industri otomotif di luar keanggotaan.

"Yang dibangun bersama Kemperin dan seluruh stakeholder adalah membangun industri otomotif pedesaan secara berkesinambungan dengan melibatkan pelaku IKM, Koperasi/UKM dan masyarakat di perkotaan sampai ke desa-desa," kata Made.

Reporter: Eldo Christoffel Rafael 

Sumber: Kontan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas