Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Yang Perlu Anda Ketahui Saat Mengemudikan Mobil di Wilayah Banjir

Berkendara di wilayah yang tengah dilanda banjir, bukannya tanpa resiko. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan agar mobil tetap aman

Penulis: Nurmulia Rekso Purnomo
zoom-in Yang Perlu Anda Ketahui Saat Mengemudikan Mobil di Wilayah Banjir
ist
Banjir di Medan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nurmulia Rekso Purnomo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA --- Cuaca buruk di wilayah Jakarta, Bogor dan sekitarnya sejak Minggu malam (4/1), membuat sejumlah jalan di Jakarta sejak Senin pagi (5/1) terendam banjir. Bahkan hingga kini, Selasa (6/2/2018), sejumlah wilayah di ibu kota masih bajir.

Bagi pengendara mobil, kondisi jalan yang terendam banjir, tentunya harus diwaspadai. Berikut sejumlah hal yang harus diketahui pengendara mobil:

1. Sebelum melintas ruas jalan yang terendam bajir, pastikan anda mengetahui seberapa tingi permukaan air. Hal itu bisa diketahui dengan memperhatikan kendaraan lain yang melintas di ruas jalan tersebut.

Selain mobil yang melintas, untuk memperkirakan tinggi muka air, sejumlah benda yang ada di lokasi banjir juga bisa dijadikan acuan, antara lain marka jalan, dan trotoar.

Setelah mengetahui tinggi muka air, anda dapat menentukan untuk terus melaju atau mencari jalur lain yang relatif lebih aman untuk kendaraan anda.

2. Salah memperkirakan kemampuan mobil anda dalam melintas banjir, dapat menyebabkan kerusakan pada kendaraan.

BERITA TERKAIT

Jika muka air terlalu tinggi, maka air bisa masuk ke ruang mesin, dan sudah pasti kelistrikan mobil anda akan rusak. Paling fatal, air masuk ke ruang bakar melalui saringan udara dan menyebabkan mesin rusak berat

Jika mobil mati mendadak di tengah banjir, upaya anda untuk kembali menghidupkan mesin mobil, berpotensi memperparah kerusakan kendaraan.

General Manager Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM) Dadi Hendriadi paling mendasar, yaitu sampai ketinggian air mencapai setengah ban.

3. Setelah anda yakin mobil anda mampu menerobos banjir, pastikan anda melaju dengan gigi paling rendah. Hal itu penting karena anda harus melaju secara perlahan.

Hal itu penting, karena jika kendaraan dipacu dalam kecepatan tinggi, maka akan terjadi gelombang tinggi. Kondisi demikian berpotensi membuat air masuk ke ruang mesin dan memicu sejumlah kerusakan.

Berita ini merupakan gabungan dari sejumlah tulisan yang tayang gridoto.com dengan judul Cara Mendeteksi Kedalaman Genangan Air Atau Banjir Yang Akan Dilewati Mobil, Cara Aman Melewati Banjir Menggunakan Mobil, Pelan-Pelan Saja Sob, Batas Maksimal Mobil Bisa Terjang Banjir

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas