Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

MAB Akan Kembangkan Bus Listrik Prototipe Ketiga, Versi Bus Antar Kota

Nanti prototipe ketiga kita buat menjadi bus antar kota untuk menguji chassis frame dan bodi," kata Bambang Tri Sasongko

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in MAB Akan Kembangkan Bus Listrik Prototipe Ketiga, Versi Bus Antar Kota
TRIBUNNEWS/CHOIRUL ARIFIN
Bus listrik MAB dipamerkan di arena GIICOMVEC 2018, Kamis (1/3/2018). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mobil Anak Bangsa, produsen bus listrik yang diinisiasi Jenderal Purn Moeldoko, akan membuat prototipe ketiga bus listrik yang dijadwalkan akan digarap di kuartal kedua tahun 2018 ini.

Direktur Teknik PT Mobil Anak Bangsa (MAB) Bambang Tri Sasongko kepada Tribunnews mengatakan, pembuatan prototipe bus listrik ketiga akan berformat bus antar kota dan menyusul kemudian prototipe keempat untuk mendapatkan lulus uji tipe di Kementerian Perindustrian RI sehingga bisa diproduksi massal mulai semester II tahun 2018 ini.

"Kita sudah membuat prototipe. Prototipe pertama untuk menguji aspek mekatroniknya. Sementara prototipe kedua untuk menguji performa struktur bodi. Nanti prototipe ketiga kita buat menjadi bus antar kota untuk menguji chassis frame dan bodi," kata Bambang Tri Sasongko di sela workshop bus listrik MAB di sela pameran kendaraan komersial GIICOMVEC 2018 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Minggu (4/3/2018).

Prototipe kedua bus listrik MAB yang dipamerkan di GIICOMVEC merupakan tipe bus low floor untuk bus kota atau bus apron bandara.

Baca: Bus Listrik Mobil Anak Bangsa Sudah Dipesan PO Sabar Subur dan Pahala Kencana

Saat ini MAB telah mendapat pesanan 200 unit bus dari dua perusahaan otobus (PO), masing-masing 150 unit bus dari PO Pahala Kencana yang nanti akan dioperasikan di wilayah Jabodetabek dan Pulau Jawa, serta 50 unit bus dari PO Sabar Subur.

Penandatanganan MoU pembelian ke-200 bus dilakukan perwakilan kedua PO dengan manajemen MAB di hari kedua penyelenggaraan GIICOMVEC 2018, Jumat (2/3/2018).  

BERITA TERKAIT

Bambang menyatakan, pihaknya sudah menyiapkan fasilitas produksi bus listrik ini di Kabupaten Subang, Jawa Barat, dan di Magelang, Yogyakarta. Masing-masing berkapasitas 100 unit bus per bulan.

Bambang menegaskan, ke depan MAB akan fokus menggarap bus listrik karena selain mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil, bus listrik juga lebih rendah biaya operasionalnya.

"Biaya operasional bus listrik bisa 75 persen lebih rendah dari bus konvensional. Selain itu, industri ini juga menggunakan komponen lebih sedikit dan proses produksinya menyerap tenaga kerja," kata Bambang Tri Sasongko

Sampai prototipe III nanti, komponen yang masih akan diimpor adalah sistem suspensi, gandar depan dan belakang, baterai, sistem kemudi dan sistem pengereman.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas