Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pedagang Mobkas Sebut Pemilik Avanza-Xenia Paling Dirugikan akibat Wuling-Xpander

Harga Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia di pasaran mobil bekas dilaporkan kini sedang mengalami penurunan harga.

Pedagang Mobkas Sebut Pemilik Avanza-Xenia Paling Dirugikan akibat Wuling-Xpander
SURYA/SUGIHARTO
PAMERAN MOBIL BEKAS - Pengunjung mengamati mobil bekas yang dipamerkan di arena Bursa Oto Seken (BOS) 2014 yang berlangsung di Parkir Timur Surabaya, Minggu (8/6/2014). Bursa yang diikuti 200 peserta, dengan target transaksi 75-90 per hari untuk memberikan kemudahan dan memfasilitasi konsumen Daihatsu di Kota Surabaya. SURYA/SUGIHARTO 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Harga Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia di pasaran mobil bekas dilaporkan kini sedang mengalami penurunan harga.

Kondisi ini dinilai momentum yang tepat bagi calon konsumen yang ingin mencari mobil bekas dengan harga murah.

Manajer Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih mengatakan, penurunan harga seken Avanza dan Xenia di pasaran mobil bekas mencapai 20-30 persen.

Sebagai contoh, Herjanto menyebut jika dulu harga jual Avanza Veloz tahun 2015 masih bisa mencapai angka Rp 180 juta hingga Rp 190 juta. Namun kini maksimal hanya di angka Rp 170 juta.

Menurut Herjanto, menurunnya harga jual Avanza dan Xenia terjadi pasca munculnya Wuling Confero S dan Mitsubishi Xpander.

Baca: Petinggi Suzuki Akui Generasi Terbaru Ertiga Bakal Berubah Total

Jika memiliki dana yang hampir menyamai harga baru Confero S ataupun Xpander, konsumen mobil bekas disebut cenderung akan membeli kedua mobil tersebut ketimbang Avanza dan Xenia seken.

"Veloz 2015 dijual dengan harga Rp 170 juta. Banyak yang beralih ke MPV terbaru," kata Herjanto di Jakarta, Selasa (6/3/2018). Confero S dan Xpander adalah dua produk yang diluncurkan dalam periode waktu yang sama. Keduanya sama-sama bermain di segmen yang sama dengan Avanza dan Xenia, yakni low multi purpose vehicle (LMPV). Harga tiga varian Confero S dijual pada kisaran harga Rp 130 juta hingga Rp 160 juta. Sedangkan enam varian Xpander dijual pada kisaran harga Rp 190 juta hingga Rp 250 juta.

Herjanto menilai pemilik Avanza-Xenia adalah pihak yang paling dirugikan dengan kehadiran Confero S dan Xpander.

Tonton juga:

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas