Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Ada 400 Kendaraan Emisi Euro 4 Antre Tes Laik di Balai Pengujian Kemenhub

Kepala BPLJSKB, Caroline Noorida menyebutkan saat ini ada 400 mobil penumpang dengan kapasitas pengujian euro 4 yang sedang mengantre untuk diuji.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Ada 400 Kendaraan  Emisi Euro 4 Antre Tes Laik di Balai Pengujian Kemenhub
Tribun Jateng
Uji emisi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) di kawasan Cibitung, Bekasi telah beroperasi dengan dua fasilitas yaitu uji emisi sepeda motor (R40) dan fasilitas uji emisi mobil penumpang (R83)

Kepala BPLJSKB, Caroline Noorida menyebutkan saat ini ada 400 mobil penumpang dengan kapasitas pengujian euro 4 yang sedang mengantre untuk diuji.

Kemudian sudah ada 14 kendaraan yang selesai diuji laik dengan kapasitas pengujian sebanyak empat unit setiap harinya.

Baca: Cegah Pilot Garuda Mogok Kerja, Ini Saran Menteri Budi Karya

"Kalau untuk Agen Pemegang Merek (APM), R83 sudah 16 mobil yang kita uji dan ada 400 mobil yang antre, segera akan dilakukan penanganan untuk pengujiannya," kata Caroline di BPLJSKB, Bekasi, Kamis (5/3/2018).

Untuk pengadaan fasilitas uji emisi mobil penumpang menghabiskan anggaran sebesar Rp 53 miliar sedangkan untuk uji emisi sepeda motor memiliki nilai investasi Rp 30 miliar dan apabila ditotal secara keseluruhan mencapai Rp 114 miliar.

BERITA TERKAIT

Meskipun kendaraan bermotor regulasinya masih euro 3 pengujian ini sebagai bukti kesiapan dari Kementerian Perhubungan apabila diterapkan aturan kadar bahan bahan pencemar yang dihasilkan kendaraan bermotor harus diperkecil menjadi euro 4.

"Kalau alat kami sampai euro 4, tapi regulasinya masih euro 3, sehingga nanti kalau diterapkan euro 4 dari Kemenhub sudah siap," ungkap Caroline.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas