Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Gaikindo Mendukung Mobil Listrik, Asal Industri Otomotif Tidak Menjadi Tumbal

Nangoi mengatakan pemerintah sebaiknya tidak perlu membatasi produksi dan penjualan mobil bermesin bensin dan membiarkan mobil listrik

Gaikindo Mendukung Mobil Listrik, Asal Industri Otomotif Tidak Menjadi Tumbal
SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Usai meresmikan secara resmi pengoperasian tol Surabaya-Mojokerto (Sumo), Presiden RI, Joko Widodo mencoba mobil listrik ezzyITS di gerbang tol Warugunung, 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Brian Priambudi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mengatakan agar pemerintah tidak terburu-buru dalam merumuskan kebijakan mobil listrik di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi dalam konferensi pers persiapan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Selasa (22/5/2018).

Nangoi mengatakan pemerintah sebaiknya tidak perlu membatasi produksi dan penjualan mobil bermesin bensin dan membiarkan mobil listrik berkembang dan bersaing secara alami di pasar Indonesia.

"Pemerintah jangan membatasi produksi mobil combustion engine, misalnya di tahun 20140. Jangan mematikan industri yang sudah ada," ujar Nangoi dengan tegasnya.

Gagasan untuk membatasi produksi dan penjualan mobil bermesin bensin pada 2040 dan menggantinya dengan mobil listrik memang sempat dikemukakan oleh Menteri ESDM, Ignasius Jonan.

Menurut Nangoi, hingga saat ini terdapat 1,2 juta orang yang bekerja di industri mobil, kontribusi yang dihasilkan untuk negara pun bernilai ratusan triliun rupiah.

Bahkan banyak produk otomotif buatan Indonesia sudah diekspor ke luar negeri.

"Tapi kenapa ini mau langsung diberhentikan. Jangan diberhentikan dulu, kalau (mobil listrik) sudah menjanjikan silahkan. Kita berjalan saja bersama," ujar Nangoi.

Meski demikian, Ia mengatakan Gaikindo bukan berarti tak mendukung perkembangan mobil listrik di Indonesia, hanya saja perlu persiapan yang lebih matang.

Ikuti kami di
Penulis: Brian Priambudi
Editor: Hendra Gunawan
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas