Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Ini Dia Merek Motor yang Paling Sering Diekspor

Indonesia ternyata menjadi salah satu penyumbang ekspor sepeda motor di dunia. Salah satu merek yang menjadi penyumbang terbesar adalah Yamaha

Editor: Gagah Radhitya Widiaseno
zoom-in Ini Dia Merek Motor yang Paling Sering Diekspor
GridOto.com
Ilustrasi perakitan motor Yamaha 

TRIBUNNEWS.COM - Dalam masalah ekspor di dunia otomotif, Indonesia tidak kalah hebat dengan negara-negara lain.

Buktinya Indonesia menjadi salah satu negara pengeskpor sepeda motor di dunia.

Tak hanya pasar domestik yang tengah meningkat penjualannya, target pasar ekspor pun dinilai beberapa pihak akan mengalami kenaikan.

Terlebih, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) belum lama ini merilis data ekspor Indonesia ke beberapa negara.

Tiga pabrikan Jepang di Indonesia yakni Honda, Yamaha dan Suzuki, punya jagoan masing-masing di segmen sport fairing 150 cc di Indonesia. Enggak heran kalau segmen ini juga jadi yang paling sengit, selain sport naked. Di antara tiga pabrikan itu, kira-kira motor mana sih yang paling laris di bulan Juni kemarin? Berikut data penjualan wholesales bulan Juni 2018. Yuk kunjungi GridOto.com (klik link di bio) #penjualanmotor #dataaisi #motorsport #motorsport150 #yamahar15 #hondacbr150r #suzukigsxr150 #motor #yamaha #honda #suzuki #jualbelimotor #gridoto #kompasgramedia #otomotif #duniaotomotif #otomania #motorplus #motorplusonline #jip #otomotifweekly #kompasotomotif #gridnetwork

Tercatat eskpor dari periode Januari hingga September 2018 mengalami kenaikan mencapai 438.530 unit.

Perolehan ini meningkat 41,8 persen dibanding periode yang sama tahun lalu, seperti diketahui di tahun 2017 ekspor sepeda motor tercatat hanya 309.325 unit.

Menurut AISI, angka ini masih mungkin mengalami peningkatan hingga 23 persen, atau mencapai sekitar 530 ribu unit hingga akhir tahun 2018.

BERITA TERKAIT

“Angka kenaikan ekspor sepeda motor menunjukkan bahwa produk sepeda motor produksi anak bangsa sangat diminati dan diakui banyak Negara tujuan ekspor,” kaya Johannes Loman, Ketua Umum AISI.

Dari 5 anggota AISI yang terdiri dari 4 merek Jepang dan 1 merek India, Yamaha rupanya menjadi penyumbang ekspor terbanyak.

Yamaha mampu menyumbang sekitar 55 persen ekspor sepeda motor, atau lebih dari 240 ribu unit.

Di urutan kedua ada Honda yang menyumbang 28,5 persen, kemudian Suzuki sebanyak 7,8 persen, dan Kawasaki sekitar 2,4 persen.

Artikel ini telah tayang di GridOto.com dengan judul Motor Produksi Indonesia Makin Diminati Pasar Global, Ini Merek Paling Banyak Ekspor

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas