Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Gunakan Mobil RWD, Ini Cara Benar Mengemudikannya

Pernah dengar istilah RWD? Mungkin kamu yang sedang berencana membeli kendaraan roda empat sempat mendengar atau membaca ketika melihat-lihat calon ke

zoom-in Gunakan Mobil RWD, Ini Cara Benar Mengemudikannya
Isitmewa

TRIBUNNEWS.COM – Pernah dengar istilah RWD? Mungkin kamu yang sedang berencana membeli kendaraan roda empat sempat mendengar atau membaca ketika melihat-lihat calon kendaraan yang akan dibeli.

RWD adalah akronim dari Rear Wheel Drive yang menandakan kalau mobil tersebut menggunakan penggerak roda belakang.

Kelebihan mobil RWD ini adalah daya dorongnya yang lebih unggul. Ia juga mampu memberikan traksi baik saat kendaraan dimuati beban berat.

Selain itu, mobil RWD biasanya memiliki radius putar yang lebih kecil, karena arah roda depan tidak dibatasi oleh drive shaft di depan. Dengan begitu, mobil jadi lebih mudah dikendarai ketika berkelok di tikungan tajam atau melakukan sudut parkir yang sulit tanpa banyak bergerak maju mundur.

“Radius putar mobil RWD bisa lebih patah karena arah roda depan tidak dibatasi oleh drive shaft di depan. Kerja power steering pada mobil RWD umumnya lebih enteng,” terang Usman Adhie, Praktisi dan Pengamat Otomotif, seperti dikutip dari GridOto.

Power steering pada mobil RWD umumnya lebih enteng karena roda depannya hanya mengarahkan kiri atau kanan, sehingga memudahkan untuk melakukan manuver saat menghindari rintangan.

Mobil RWD, seperti Toyota Avanza, jadi pilihan terbaik untuk masyarakat Indonesia yang memang memiliki kontur jalanan beragam.

BERITA TERKAIT

Avanza dengan penggerak roda belakang memiliki kenyamanan yang lebih baik, terutama saat melintasi jalanan tidak mulus, banyak tanjakan, dan berlubang. Penggerak roda belakang juga bisa mengurangi gejala roda selip, terutama saat menanjak.

Semua kelebihannya ini dikombinasikan dengan ground clearance yang tinggi, cukup ideal untuk menempuh berbagai medan. Jarak dari permukaan tanah mencapai 200 mm, jadi pengemudi tidak perlu khawatir ketika melewati jalanan tidak rata ataupun genangan air. Avanza juga didukung bodi semi chassis sehingga lebih nyaman dan aman karena menyerap getaran lebih baik.

Admin: Sponsored Content
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas