Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

APM Siap Gunakan B30, Ini Permintaan Gaikindo ke Pemerintah

Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie Sugiarto mengatakan peralihan ke B30 memerlukan waktu lama.

Editor: Sanusi
zoom-in APM Siap Gunakan B30, Ini Permintaan Gaikindo ke Pemerintah
Tribunnews/Jeprima
Petugas saat mengisi BBM mobil di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) milik PT Pertamina di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (31/8/2018). Saat ini sebanyak 60 terminal BBM Pertamina telah menyalurkan Biodiesel 20 persen atau B20 untuk PSO (Public Service Obligation/Subsidi). Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Beberapa Agen Pemegang Merek (APM) saat ini tengah mengikuti uji coba menggunakan bahan bakar B30.

Uji coba ini sekaligus cara APM untuk menemukan formula yang tepat untuk engine kendaraan mereka saat menggunakan B30.

Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie Sugiarto mengatakan peralihan ke B30 memerlukan waktu lama.

Menengok perjalanan pengujian B30 terhadap kendaraan inilah, Gaikindo beserta para APM meminta waktu kepada pemerintah untuk melakukan penyesuaian.

"Ada empat atau lima merek yang ikut uji coba. Silakan, justru itu yang saya minta kepada pemerintah, kasih kita waktu. Merek ini perlu waktu untuk uji coba, untuk mengatur engine itu supaya tahan pakai B30," terang Jongkie di Hotel Le Meridien, Jakarta Pusat, Jumat (23/8/2019).

Jika nantinya telah ditemukan engine yang pas, menggunakan bahan bakar B30 maupun B100 tak akan menjadi kendala.

BERITA TERKAIT

Kemudian, Gaikindo juga menginginkan komitmen pemerintah jika nantinya para APM siap menggunakan B30.

Komitmen yang diminta Gaikindo ialah penyediaan serta distribusi B30 harus merata di seluruh Indonesia.

"Yang lebih penting lagi buat kita juga, komitmen pemerintah untuk distribusi B30 ada dimana-mana. Itu juga bukan berarti setiap SPBU harus ada. Tapi ini contoh, misal di Makassar ada 100 SPBU, ya 10 atau 20 lah jual B30. Nggak usah semua dulu, tapi ada di sana," jelasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas