Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Fenomenal! 16 Tahun Diproduksi, Toyota Bukukan Penjualan 1,8 Juta Unit Avanza

Berdasar catatan, generasi ke-2 Avanza lahir pada tahun 2011 dan disusul Grand New Avanza-Veloz pada tahun 2015.

Fenomenal! 16 Tahun Diproduksi, Toyota Bukukan Penjualan 1,8 Juta Unit Avanza
HANDOUT
Toyota New Avanza 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Mobil low MPV Toyota Avanza sukses membukukan total penjualan sebanyak 1,8 juta unit sejak mobil 7 penumpang ini pertama kali diperkenalkan ke publik pada 11 Desember 2003.

Di tahun pertama penjualannya, lebih dari 43 ribu unit Avanza terjual. 

Keterangan resmi PT Toyota Astra Motor (TAM) menyebutkan,  tahun ini angka penjualan Avanza tumbuh 6,9% dibandingkan tahun lalu, di tengah penurunan permintaan pasar sebesar 11,1% pada segmen Low MPV. 

"Ini membuktikan Avanza tidak hanya tetap menjadi pilihan karena mampu memenuhi ekspektasi dan kebutuhan masyarakat Indonesia, tetapi juga telah menjadi Part of Indonesia Greatness," sebut Marketing Director TAM, Anton Jimmi Suwandy.

Anton Jimmi menjelaskan, Toyota Avanza lahir dari upaya Toyota untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia akan the real 7-seater MPV dengan DNA yang handal dan tangguh. 

"Kami bersyukur hingga di usianya ke-16 tahun ini, Avanza senantiasa mampu memenuhi ekspektasi dan kebutuhan masyarakat Indonesia," kata dia.

Anton yang pada awal karirnya di Toyota juga turut berkiprah melahirkan Avanza menambahkan, mobil low MPV ini tidak hanya tampil fenomenal di sisi pencapaian tetapi juga mampu membuat segmen Low MPV menjadi sangat besar.

“Pasar Low MPV berkembang sangat pesat semenjak Avanza muncul. Satu tahun sebelum Avanza muncul, pasar Low MPV hanya berkisar 5 ribuan unit. Namun setelah Avanza muncul pasar Low MPV naik tajam menjadi mendekati 80 ribu unit pada akhir tahun 2004," kata dia.

Baca: Avanza Laris Gara-gara Gampang Akrab dengan Jalanan di Kalimantan

Bahkan, pasar Low MPV pernah mencapai titik tertinggi di tahun 2013 dengan pencapaian lebih dari 200 ribu unit.

Baca: Detik-detik Avanza Remuk dalam Kecelakaan Maut Tol Cipali KM 113 dan Tewaskan 6 Penumpang

"Kami bersyukur Avanza tetap menjadi MPV pilihan masyarakat Indonesia selama 16 tahun terakhir, meskipun banyak pemain baru di segmen Low MPV," ungkap Anton Jimmi.

Berdasar catatan, generasi ke-2 Avanza lahir pada tahun 2011 dan disusul Grand New Avanza-Veloz pada tahun 2015.

Memasuki awal 2019, Toyota kembali merilis versi facelift pada Avanza-Veloz menjadi lebih stylish.

“Kami bersyukur berbagai bentuk improvement yang kami lakukan dapat senantiasa memenuhi ekspektasi dan kebutuhan pelanggan yang kian dinamis. Berbagai masukan yang diberikan oleh pelanggan setia Avanza, memberikan dorongan bagi kami untuk senantiasa meningkatkan performa Avanza baik dari sisi durability, kenyamanan, dan keamanan,” kata Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto.

Penulis: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas