Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Alasan Suzuki ndonesia Lebih Suka Produksi XL7 daripada Ignis

Suzuki sendiri sudah menargetkan XL7 akan menjadi andalan ekspor baru ke 30 negara tujuan.

Alasan Suzuki ndonesia Lebih Suka Produksi XL7 daripada Ignis
PT Suzuki Indomobil Sales (SIS)
PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan salah satu mobil unggulan yang sudah lama dinantikan para pecinta otomotif, yaitu XL7 “The New Extraordinary SUV”, Sabtu (15/2/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tak lama setelah Maruti Suzuki meluncurkan XL6 di India, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), juga langsung mengikuti dengan merilis XL7 di Indonesia.

Menggunakan basis platform yang sama dengan Ertiga, XL7 didapuk bermain di segmen SUV murah. Artinya, XL7 akan berkompetisi dengan Honda BR-V, Daihatsu Terios, dan juga Toyota Rush.

Lantas bagaimana dengan nasib produk impor lainnya, contohnya seperti Ignis. Seperti diketahui, Suzuki pernah merencanakan Ignis agar diproduksi lokal, tapi sekarang justru XL7 yang diprioritaskan.

Menjawab hal ini, 4W Marketing Director PT SIS Donny Saputra, mengatakan memang ada rencana untuk Ignis dilokalkan.

Akan tetapi hal itu kembali lagi dari perhitungan dan strategi marketing Suzuki yang menyesuaikan kondisi pasar di Tanah Air.

"Kalau dilihat kondisi pasar kita di Indonesia dominannya kendaran penumpang tiga baris, hampir 80 persen yang terjual itu. Jadi ada faktor pertimbangan itu sehingga kita lebih tertarik memproduksi XL7 dibandingkan Ignis atau model lain saat ini," ujar Donny, beberapa waktu lalu.

Tidak hanya soal pasar yang tumbuh saja, menurut Donny salah satu hal yang membuat Suzuki akhirnya memproduksi XL7, juga lantaran adanya peluang untuk menjadikan SUV murah tersebut diekspor ke mancanegara.

Suzuki sendiri sudah menargetkan XL7 akan menjadi andalan ekspor baru ke 30 negara tujuan.

Baca: Walaupun Menggunakan Basis Sama, Ini Perbedaan Teknis Mobil Terbaru Suzuki XL7 dengan Ertiga

Bahkan secara kandungan komponen lokal, XL7 sudah punya modal lantaran angka TKDN yang sudah menyentuh 85 persen.

Namun demikian, Donny tak menampik bila ke depannya Ignis pun bakal diproduksi di Indonesia.

Hal ini lantaran secara tren global, perkembangan mobil di dunia akan mengarah ke segmen-segmen yang lebih kecil, baik dari segi dimensi atau pun kapasitas mesin.

"Ada pertimbangan XL7 ini selain untuk domestik juga untuk ekspor, jadi XL7 ini secara volume punya peluang untuk dieskpor lebih banyak dibandingkan Ignis. Kami akan mulai ekpor XL7 melalui jalur Ertiga sebelumnya," ucap Donny.

"Global tren kendaraan memang semakin kecil, kita bisa lihat lah rata-rata hampir di semua negara sekarang dimensi mobilnya compact, tapi untuk Indonesia sendiri memang belum. Karena itu kita cenderung produksi lokal XL7 sekarang ini," kata Donny.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Suzuki Lebih Pilih Produksi Lokal XL7 Dibandingkan Ignis"

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas