Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Produsen Kendaraan Listrik Mongolia Bangun Pabrik di Surabaya

Bars Motors adalah sebuah perusahaan produsen kendaraan listrik dari Mongolia yang sudah beroperasi di beberapa negara di Asia dan Afrika

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Produsen Kendaraan Listrik Mongolia Bangun Pabrik di Surabaya
Istimewa
Foto. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bars Motors LLC akan membangun pabrik perakitan kendaraan listrik di Indonesia. Di mana, perusahaan asal Mongolia itu, bekerjasama PT Bumi Benowo Sukses Sejahtera Tbk (BBSS) dan afiliasinya PT Cipta Unggul Arta Nusantara (CUAN).

Kerjasama tersebut tertuang dalam penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding
(MoU) dengan perkiraan nilai investasi 10 juta dolar AS atau setara Rp 155 miliar pada akhir pekan lalu, 24 April 2020. Nilai itu sudah termasuk lahan, fasilitas, teknologi, dan peralatan.

Bars Motors adalah sebuah perusahaan produsen kendaraan listrik dari Mongolia yang sudah beroperasi di beberapa negara di Asia dan Afrika, seperti perakitan jenis kendaraan penumpang, kendaraan listrik, dan kendaraan berat jenis truk angkutan.

Baca: Via Vallen: Selelah-lelahnya Bekerja, Lebih Lelah Menganggur

“Setelah 2 bulan melakukan riset, Bars Motors memutuskan untuk memulai proyek pertamanya di Surabaya, Indonesia, dengan perusahaan lokal PT Cipta Unggul Arta Nusantara”, ujar D. Dembereldorj, Direktur Bars Motors.

Dia mengatakan pilihan membangun pabrik di Indonesia karena menilai Indonesia adalah salah satu negara yang menjadi pemimpin pasar otomotif di Asia Tenggara.

Baca: Kisah Bek Sayap PSS Sleman Soal Puding, Sup Buah hingga Bersepeda di Bulan Ramadhan

Selain itu, Dembereldorj mengatakan Bars Motors juga ingin memperkenalkan teknologi energi jenis baru, sehingga dapat melahirkan inovasi dari disrupsi yang ada di dalam pergerakan sosial dan ekonomi dari 270 juta penduduk di Indonesia dan negara sekitarnya.

BERITA TERKAIT

Menurut dia, begitu penyebaran virus Corona mereda, perusahaan akan memulai proyek pemasangan mesin perakitan dan akan segera mulai beroperasi.

Direktur Utama Bumi Benowo, Felix Soesanto menilai kerjasama antara Bars Motors, CUAN, dan Bumi Benowo merupakan salah satu langkah menyikapi disrupsi ekonomi dan sosial.

“Kerja sama ini diharapkan akan memberikan kontribusi positif bukan saja financial tetapi juga visi yang sama dengan BBSS. Kita harus dapat mengubah kekurangan menjadi kesempatan dari disrupsi ekonomi dan sosial ini dan tentu saja ini akan berpengaruh pada kinerja keuangan 2020 dan kesejahteraan investor BBSS”, tambah Felix, yang juga menjabat Direktur Utama CUAN.

Surabaya adalah kota kedua terbesar di Indonesia dan terkenal di dunia internasional terhadap dukungan pemerintah daerah untuk pengembangan lingkungan bersih sehat dan energi terbarukan.

Pada tahun 2020-2021, proyek seperti bus listrik untuk dalam kota dan rute antar kota diharapkan siap melayani penduduk kota Surabaya dan kota sekitarnya dengan bahan bakar yang bersih dan sehat lingkungan.

Dengan demikian, Felix meyakini target kenaikan penjualan Bumi Benowo sekitar 500% tahun ini akan lebih cepat terealisasi dengan adanya Bars Motors sebagai anchor tenant lahan BBSS.

Faktor lain yang akan mendukung kerjasama perakitan ini adalah lokasi pergudangan BBSS yang strategis karena hanya berjarak 3 Km dari Pelabuhan Teluk Lamong, dan 2 Km dari Jalan Lingkar Luar Barat (JLLB) Surabaya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas