Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

GIIAS 2020

Hino Belum Putuskan Ikut GIIAS 2020 yang Akan Digelar Oktober

Alasan yang dikemukakan HMSI, pandemi virus Covid-19 yang selama ini amat mempengaruhi penjualan kendaraan, belum bisa diprediksi akan berakhir.

Hino Belum Putuskan Ikut GIIAS 2020 yang Akan Digelar Oktober
TRIBUNNEWS/CHOIRUL ARIFIN
Santiko Wardoyo, Chief Operation Officer PT HMSI. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) belum memutuskan apakah perusahaannya akan ikut tampil berpameran di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020 yang akan diselenggarakan Gaikindo di bulan Oktober 2020 mendatang.

Alasan yang dikemukakan HMSI, pandemi virus Covid-19 yang selama ini amat mempengaruhi penjualan kendaraan, belum bisa diprediksi akan berakhir. Sementara, biaya partisipasi sebagai peserta pameran di ajang ini juga tidak murah.   

"Untuk GIIAS saya dengar akan diundur jadi bulan Oktober 2020. Kita sekarang baru mempelajari sampai sejauh mana kondisi ekonomi maupun situasinya. Walaupun ada kalau masih physical distancing kan juga repot juga," ujar Santiko Wardoyo, Chief Operation Officer (COO) PT HMSI dalam acara diskui online dengan awak media via streaming yang diikuti Tribunnews, Rabu sore, 20 Mei 2020.

Santiko menegaskan, event pameran otomotif berskala besar dipastikan akan berisiko mendatangkan pengunjung yang banyak.

Baca: Inden MPV Renault Triber Tembus 1.500 Unit, Pengiriman Dilakukan Bertahap Sampai Juni

"Masak (datang ke) pameran (otomotif) tidak boleh senggol-senggolan. You juga tau kan kalau motor show itu ramenya setengah mati. Kita masih studi dulu, saya belum berani bicara (ikut atau tidak) karena itu biayanya cukup besar dan kita juga harus lihat plus minusnya, dan paling penting ini Covid-19 bisa selesai kapan dan reboundnya kapan," ujarnya.

Baca: Urusan Ganti Busi, Pemilik Mobil Toyota dan Daihatsu Kini Tak Perlu Ngeluh Kantong Bolong Lagi

Terkait kemungkinan peluncuran produk baru di tahun in atau yang akan diluncurkan di GIIAS 2020 jika jadi berpartisipasi, Santiko menyatakan pihaknya masih menunggu keputusan manajemen.

Baca: Ada Larangan Mudik, Aktivitas Servis di Bengkel Mitsubishi Turun 30 Persen

"Nanti kita akan ada kaitannya dengan produk baru. Produk baru ini kita juga harus tunggu dulu nanti keputusanya bagaimana. Apakah launching euro 4 tahun ini masih jalan atau tidak, kita kan tidak tahu juga," ujarnya.

Resmi diundur ke Oktober

Sebelumnya, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi menegaskan, jadwal penyelenggaraan pameran terlalu berdekatan dengan prediksi masa pemulihan pasar, yakni Juli 2020, pameran GIIAS 2020 diundur ke bulan Oktober 2020.

Baca: Jualan Mobil Lewat Platform Digital, Honda Gandeng Dua Pemain E-commerce

"Berdasarkan perkiraan Gaikindo, pandemi mulai membaik pada Juni 2020 dan kemudian di bulan Juli 2020 kondisi secara keseluruhan mulai berangsur normal, termasuk kondisi ekonomi Indonesia," kata Nangoi melalui keterangan tertulis, Selasa (5/5/2020).

Gaikindo kemudian memutuskan mengkonsentrasikan penyelenggaraan pada dua pameran GIIAS di tahun ini, yaitu GIIAS Surabaya 2020 dan The 28th GIIAS di BSD City.

Gaikindo jugamelakukan penyesuaian dengan menggeser jadwal pameran hingga September dan Oktober 2020.

Penyelenggaraan GIIAS Surabaya 2020 akan berlangsung pada 2-6 September 2020 di Grand City Convex Surabaya. Sementara The 28th GIIAS, BSD City akan digelar pada 22 Oktober - 1 November 2020 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD CIty, Tangerang, Banten.

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas