Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Busi untuk Motor Yamaha XMAX dan Honda PCX Ini Punya Fitur Unik

Busi motor ini memiliki fitur yang disebut dengan Long Reach, yaitu penggunaan ulir busi sepanjang 26,5mm.

Busi untuk Motor Yamaha XMAX dan Honda PCX Ini Punya Fitur Unik
IST
Busi NGK MR8K-9 untuk Skutik Honda ADV dan PCX dengan material baru di elektroda pusat. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Sebagai salah satu komponen pengapian yang krusial, busi memiliki fitur-fitur yang didesain khusus dengan spesifikasi yang berbeda untuk masing-masing kendaraan.

Fitur tersebut diciptakan antara lain karena kebutuhan setiap mesin dan kendaraan terkadang berbeda-beda, tergantung dengan keinginan dari masing-masing pabrikan terlebih di masa sekarang ini di mana terjadi perubahan tren popularitas motor bebek ke motor matik.

Perubahan tren tersebut mau tidak mau ikut mendorong terjadinya inovasi dan pengembangan mesin motor agar semakin optimal. Sebagai contoh bisa dilihat pada pemakaian busi tipe NGK LMAR8A-9 yang digunakan pada motor Yamaha XMAX dan Honda Forza.

Diko Oktaviano, Technical Support PT NGK Busi Indonesia mengatakan, busi NGK LMAR8A-9 & Laser Iridium LMAR8BI-9 untuk XMAX & Forza memiliki fitur yang cukup berbeda dari busi motor pada umumnya.

Busi motor ini memiliki fitur yang disebut dengan Long Reach, yaitu penggunaan ulir busi sepanjang 26,5mm.

Baca: Urusan Ganti Busi, Pemilik Mobil Toyota dan Daihatsu Kini Tak Perlu Ngeluh Kantong Bolong Lagi

Dia menjelaskan, penggunaan ulir yang cukup panjang tersebut bukan tanpa alasan, karena diciptakan untuk meningkatkan efisiensi sistem pendingin yang lebih besar dengan tujuan menaikkan kemampuan kompresi.

Baca: Mumpung Lagi WfH dan Banyak Waktu di Rumah, Jangan Lupa Cek Busi Kendaraan

Selain itu juga untuk membuat ruang bakar & sudut katup yang lebih kecil menghasilkan efisiensi yang tinggi.

Manfaat lainnya, jalur pendinginan lebih lebar untuk mencegah knocking. Selain itu, lubang busi yang lebih kecil menjadikan design mesin lebih fleksibel.

"Tidak hanya kedua motor matic di atas, di motor Honda PCX & ADV pun businya memiliki fitur khusus yang cukup berbeda dari motor matic lainnya," ujarnya.

Baca: Trik Membeli Mobil Bekas Agar Tak Tertipu dan Salah Pilih yang Bikin Nyesel

Dia mengatakan, busi NGK MR8K-9 yang disematkan pada kedua motor di atas, dibekali dengan penggunaan fitur dan material baru pada elektroda pusatnya sehingga memiiki sifat anti-spark erosion & anti-oxidation sehingga busi tersebut dapat memiliki performa pengapian yang maksimal dengan masa pakai lebih panjang.

Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas