Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Lima Tips Aman Berkendara Motor di Fase New Normal

Ada lima hal yang perlu diperhatikan sebelum riding di masa pandemi saat ini.

Lima Tips Aman Berkendara Motor di Fase New Normal
IST
Aktivitas touring bikers di ajang motocamp Suryanation Motorland Ridescape edisi ketiga di kawasan wanawisata air terjun Coban Rondo, Malang, Jawa Timur, Sabtu-Minggu, 14-14 Desember 2019. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Berkendara di fase new normal dengan kondisi masih pandemi membutuhkan pengetahuan baru agar tidak terpapar virus Covid-19 dan perjalanan tetap nyaman.

Manager Safety Riding Astra Honda Motor (AHM), Johannes Lucky mengatakan ada lima hal yang perlu diperhatikan sebelum riding di masa pandemi saat ini.

Pertama, mempertimbangkan penting tidaknya melakukan riding tersebut.

"Kedua, kita juga harus melihat regulasi di lokasi yang akan dituju. Contoh, apakah lokasi tersebut masuk ke dalam zona merah atau hijau," tutur Lucky saat Ngovid Bareng Astra Honda Motor (AHM), Selasa (4/8/2020).

Ketiga, pastikan badan dalam kondisi sehat alias fisik tidak sedang sakit atau tidak.

Keempat, gunakan masker, bawa hand sanitizer dan tas riding sebagai riding gear tambahan.

Tak ketinggalan gunakan helm yang bervisor untuk menghindari paparan langsung ke bagian wajah. Kelima, pilih rute yang tepat, tidak terlalu macet atau padat.

"Saat berkendara ini pasti akan menguras tenaga, sebisa mungkin riders mengontrol emosi untuk menghidari efek negatif dari keadaan saat ini. Lalu jangan lupa, pahami juga karakteristik pengguna jalan yang lain seperti pesepeda yang tengah ramai saat ini," terang Lucky.

Baca: Mengenal 16 Sinyal Tangan Pemotor saat Touring, Sinyal Jalan Bahaya hingga Kehabisan Bahan Bakar

Saat riding, pengendara juga harus bisa memprediksi bahaya atau kemungkinan terjadi kecelakaan dikarenakan situasi yang lebih sepi saat pandemi.

Tak ketinggalan, selalu jaga jarak aman dengan pengguna jalan lain dan usahakan menggunakan uang digital atau uang pas saat bertransaksi.

Baca: Ketika Goweser Tergila-gila Sepeda Lipat Brompton, Tetap Nyaman untuk Touring hingga 254 Km

Ketika akan makan, sebaiknya riders membawa perlengkapan makan atau makanan sendiri. "Setelah selesai berkendara, riders juga harus mencuci riding gear, sebisa mungkin riding gear ini lebih sering dicuci," jelasnya.


Sebisa mungkin membersihkan bagian-bagian motor yang berpotensi sering disentuh usai riding.

Setelah melakukan riding, sebaiknya sebelum berinteraksi dengan keluarga harus membersihkan diri atau mandi. Hal terakhir yang harus diperhatikan usai riding ialah istirahat yang cukup agar imun tubuh juga terjaga.

Penulis: Lita febriani
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas