Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kembangkan Baterai Kendaraan Listrik dengan Jangkauan 700 Km, Daimler Gandeng CATL

Daimler dan CATL telah mulai mengerjakan baterai masa depan untuk dipasangkan ke sejumlah kendaraan dalam beberapa tahun mendatang.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM - Daimler memperkuat hubungannya dengan produsen baterai asal China bernama CATL dengan maksud untuk memproduksi kendaraan listrik dengan jangkauan lebih dari 700 kilometer.

Dewan Manajemen Daimler AG dan Mercedes-Benz AG, Penanggung Jawab Daimler Group Research dan COO Mercedes-Benz Cars, Markus Schafer mengatakan kemitraan tersebut akan membuat kedua perusahaan menggabungkan penelitian sembari mengunci pasokan sel dan seluruh sistem baterai.

"Kami bermaksud untuk memimpin dalam teknologi baterai, jadi kami sekarang menggabungkan keahlian penelitian dan pengembangan kami sendiri dengan mitra yang berani," tutur Markus Schafer dalam keterangan resmi dikutip dari Carscoops, Jumat (7/8/2020).

Daimler dan CATL telah mulai mengerjakan baterai masa depan untuk dipasangkan ke sejumlah kendaraan dalam beberapa tahun mendatang.

Kerjasama ini juga bertujuan untuk mempersingkat siklus pengembangan dan agar secara signifikan meningkatkan rentang baterai masa depan melalui kepadatan energi tingkat lanjut dan mengurangi waktu pengisian.

"Kami akan mengintegrasikan sistem baterai mutakhir untuk menciptakan mobil mewah dengan jangkauan yang luar biasa, kecepatan pengisian daya, keamanan dan keberlanjutan. Bekerja dengan CATL akan membantu kami mempercepat transformasi menuju netralitas karbon. CATL akan menjadi pemasok utama yang mengamankan kapasitas untuk produk EQ generasi berikutnya di tahun-tahun mendatang," terang Markus Schafer.

Mercedes-Benz EQS yang akan datang bakal menjadi EV pertama perusahaan dengan jangkauan WLTP lebih dari 700 km dan akan dilengkapi dengan modul sel CATL.

"Daimler akan terus memperkuat daya saing globalnya dan meningkatkan efisiensi dengan bekerja sama dengan mitra yang kuat dan inovatif untuk mengejar strategi masa depan kami, termasuk mobilitas listrik," ungkap Anggota Dewan Manajemen Daimler AG untuk Greater China, Hubertus Troska.

Daimler juga memiliki kesepakatan pasokan baterai dengan sejumlah perusahaan lain, termasuk SK Innovation, LG Chem dan Farasis.

"Di Cina, kami telah menjalin kerja sama yang kuat dengan industri kunci dan pemain teknologi selama bertahun-tahun yang telah berkontribusi tidak hanya pada momentum pertumbuhan kami yang kuat tetapi juga membawa efisiensi dalam produksi, pembelian dan penelitian dan pengembangan," Hubertus Troska.

Ikuti kami di
Penulis: Lita febriani
Editor: Sanusi
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas