Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

KTM 390 Adventure Jadi Motor Pertama Rakitan Gresik

PT Penta Jaya Laju Motor, distributor motor KTM di Indonesia, memang baru saja mengoperasikan pabrik perakitan motor KTM berlokasi di Gresik.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in KTM 390 Adventure Jadi Motor Pertama Rakitan Gresik
TRIBUNNEWS/CHOIRUL ARIFIN
Peluncuran motor KTM 390 Adventure di showroom PT Penta Laju Jaya Motor, Pondok Pinang, Jakarta Selatan, Jumat (28/8/2020). Motor ini dijual Rp 119 on the road Jakarta. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Motor petualangan KTM 390 Adventure yang resmi meluncur di pasar Indonesia hari ini, Jumat (28/8/2020) merupakan motor KTM pertama yang diproduksi dan dirakit secara CKD alias completely knocked down di pabrik KTM di Gresik, Jawa Timur.

PT Penta Jaya Laju Motor, distributor motor KTM di Indonesia, memang baru saja mengoperasikan pabrik perakitan motor KTM berlokasi di sebelah barat Kota Surabaya tersebut. 

Dalam kapasitas full, pabrik ini mampu merakit hingga 60 motor KTM dalam sehari.

Karena pandemi, kapasitas ini menurut Kristianto Goenadi, Presiden Direktur PT Penta Jaya Laju Motor, masih belum bisa dimaksimalkan.

"Kita rakit motor ini assembling secara CKD dan jadi model pertama yang kita CKD di Gresik. Jadi CKD-nya kita mulai di 2020. Kemarin sempat terlambat dimulainya karena pandemi," ujar Kristianto kepada Tribunnews.

Dia menjelaskan, nantinya, semua line up motor KTM yang dipasarkan di Indonesia akan dirakit secara CKD di Gresik.

Peluncuran motor KTM 390 Adventure di showroom PT Penta Jaya Laju Motor, Jakarta, Jumat (28/8/2020). Motor ini dipasarkan Rp 119 juta on the road Jakarta.
Peluncuran motor KTM 390 Adventure di showroom PT Penta Jaya Laju Motor, Jakarta, Jumat (28/8/2020). Motor ini dipasarkan Rp 119 juta on the road Jakarta. (TRIBUNNEWS/CHOIRUL ARIFIN)

"Untuk KTM yang CC besar kita masih impor CBU dari Austria," ujar Kris. Dengan dirakit CKD, maka motor KTM jadi lebih cepat sampai ke tangan konsumen.

Baca: KTM 390 Adventure Layak Jadi Motor Pilihan Petualang, Harganya Rp 119 OTR Jakarta

BERITA TERKAIT

"Jika CBU bisa 2 bulan proses kendaraannya. Sekarang dengan CKD bisa cukup seminggu," kata dia.

Dia menambahkan, selama ini untuk semua motor KTM dengan mesin 400 cc ke bawah untuk semua modelnya diproduksi di pabrik KTM India bekerja sama dengan Bajaj.

"Untuk kapasitas cc di atasnya yang lebih besar diproduksi di Austria," imbuh Kristianto.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas